Al-Risalah al-Mufassalah li Ahwal al-Muta’allimin al-Qabisi: Pendidikan Anak Perspektif Psikologi dan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v18i2.382Keywords:
Pendidikan Anak, Psikologi, SyariahAbstract
Khazanah pemikiran klasik tentang pendidikan perlu digali kembali untuk dipelajari agar dapat diikuti oleh pemikir selanjutnya. Seorang tokoh dalam dunia pendidikan Islam, yaitu al- Qabisi, seorang pemikir cerdas pendidikan yang masanya merupakan seorang pendidik dan juga dikenal sebagai seorang ulama yang berakhlak mulia. Keluasan ilmunya dibarengi dengan ketekunan dalam beribadah dan budi pekerti mulia mengakibatkan hal yang diajarkannya dapat diterima dengan mudah. Kajian tentang pendidikan karakter pada anak menjadi perhatian serius dalam tercapainya pendidikan bagi generasi yang akan datang. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dikaji dan dikaitkan dengan pemikiran (gagasan) al-Qabisi dalam mendidik anak ditinjau dari perspektif psikologi dan ilmu syariah. Penelitian ini menggunakan metode library research. Hasil penelitian menunjukkan penanaman karakter dan nilai-nilai hidup yang luhur (sesuai psikologi dan syariah) kepada anak menjadi modal dasar bagi mereka dalam menjalani kehidupan pada masa mendatang. Selain itu model seorang pendidik menjadi sesuatu yang penting dalam memberikan pengaruh positif pada anak didiknya.
References
Al-Abrâsyiy, Muhammad ʻAthiyyah, At-Tarbiyyah al-Islâmiyyah wa Falâsafatuhâ (Mesir:-, t.th).
Al-Ahwani, Ahmad Fuad, At-Tarbiyah fi al-Islâm (Kairo: Dar al-Ma’ârif, t.th)
…………………………, Al-Tarbiyah al-Islamiyah wa al-Ta’lim fi Ra`y al-Qabisi, Kairo: Dar Ihya` al-Kutub al-„Arabiyah, 1955
Al-Bukhâriy, Abû Abdullah Muhammad ibn Ismâ’îl, Matan al-Bukhâriy, Juz I, (Indonesia: al-Haramain, t.th).
Al-Jumbulati, Ali dan Abdul Futuh at-Tuwânisi. Perbandingan Pendidikan Islam.Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Al-Jamiyulaty, Ali dan Abu al-Futuh al-Tawanisi, Darasah al-Muqaranah fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, Cairo: Maktab al-Anjal al-Mishriyah, tt
Al-Qabisi, Abu al-Hasan ʻAli, Ar-Risâlah al-Mufashshilah li Ahwâl al- Mutaʻallimîn wa Ahkâm al-Muʻallimîn wa al-Mutaʻallimîn, Cet.1, ed. Ahmad Khalid (Tunis: asy-Syirkah al-Tunisiyyah li at-Tauzîʻ, 1986).
An-Nahlâwiy, Abd ar-Rahmân, Ushûl at-Tarbiyyah al-Islâmiyyah wa Asâlîbihâ fî al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama‟ (Damaskus: Dâr al-Fikr, 1427 H/2006 M).
Arikunto, Suharsimi, ProsedurPenelitian suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 1998).
As-Sayûthiy, Al-Imâm Jalâluddin ‘Abdurrahmân ibn Abû Bakr, Târîkh al- Khulafâ (Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2011).
Badri, Yatim. Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006)
Effendy, Mochtar Ensiklopedi Agama dan Filsafat, Buku 5,Universitas Sriwijaya,2000
Fuad, Ahmad al-Ahwani, At-Tarbiyah fi al-Islam, Kairo: Dar al-Ma‟ârif, t.th
Gamal Abdul Nasir, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam Menurut Ibn Sahnun, al-Qabisi dan Ibn Khaldun, Kuala Lumpur: Cergas, 2003
Hefni, M. H. M. (2011). REKONSTRUKSI MAQÂSHID AL-SYARÎ’AH (Sebuah Gagasan Hasan Hanafi tentang Revitalisasi Turâts). AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 6(2)
Husain Abdul, Ali. Al-Tarbiyah al-Islamiyah fi Qarni al-Rabi’ al-Hijri, Beirut: Dar al-Fikri al-Arabi, t.th.
Jawad Ridha, Muhammad, Al-Fikra al-Islami, “Muqaddimah fi Ushulihi al-Ijtima‟iyah wa al-Qalamiyah”, t.t.: Dar al-Fikr al-Arabi, tt
Makhmudah, S. (2015). Dinamika dan tantangan masyarakat Islam di era modernisasi (pemikiran dan kontribusi menuju masyarakat madani). JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 13(2)
Mursi, Munir. al-Tarbiyah al-Islamiyyah ‘Ushuluha wa Tatawwuruha fi al-Bilad al’Arabiyyah, (Mesir: Dar al-Ma’arif,1987)
Mushthafa „Abdullah al-Qasthanthani al-Rumi al-Hanafi, Kasyf al-Zhunun ‘an Asami al-Kutub wa al-Funun, Jilid 5, Beirut: Dar al-Fikr, 1994
Nata, Abudin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam,Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta,Rajawali Prees,2001
Nasrullah, N. (2015). Pandangan Al-qabisi terhadap Pendidikan Anak. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 1(1)
Nasution Harun. (ed), Ensiklopedi Islam, (Jakarta: Anda Utama, 1993)
Ulwan, Abdullah Nasih. Tarbiyah al- Aulad fi al- Islam. (Jakarta: Pustaka Amani, 1995)
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 5(2)
Syamsuddin, Amir al-Fikr at-Tarbawiy ‘inda Ibn Sahnûn wa al-Qâbisi (Beirut: Dar Iqra, 1985 M
Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992)
Nasrullah, N. (2015). Pandangan Al-qabisi terhadap Pendidikan Anak. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 1(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).