Modernisasi Pendidikan Islam (Sebuah Studi Analisis Model Pendidikan Islam Perspektif Fadzlur Rahman)
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v18i2.397Keywords:
Modernisasi, Pendidikan Islam, Fadzlur RahmanAbstract
Modernisasi pendidikan Islam merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan umat Islam pada masa kejayaan sekaligus mengejar keterbelakangan umat Islam dalam dunia pendidikan. Salah satu tokoh modernisasi pendidikan Islam adalah Fazlur Rahman yaitu tokoh yang memiliki perhatian khusus terhadap kondisi umat Islam. Model pendidikan Fazlur Rahman dapat disebut dengan modernisasi pendidikan Islam karena sesuai dengan karakteristik modernisasi pendidikan Islam yaitu: pertama, pendidikan yang didasari oleh al-Qur’an dan Hadits Nabi Saw. dengan pemahaman kontekstual. Kedua, berusaha menerapkan metode baru yang masyhur dengan istilah double movement (gerak ganda) dan analisis serta memahami. Ketiga, berusaha memasukkan ilmu teknologi dan sains serta ilmu pengetahuan umum lainnya yang dianggap penting. Keempat, berusaha mengintegrasikan antara sistem tradisional dan skuler.
References
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Abdurrohman, D. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakary: Kurnia Kalam Semesta. 2003.
Al-Rasyidin. “Fazlur Rahman: Pemikirannya tentang Pendidikan Islam”. Miqat: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. 31 (2), (2007): 247.
Asmani, J M. Tuntunan Lengkap Metodologi Penelitian. Jakarta: Diva Press. 2011 .
Barnawi and Arifin, M. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008.
Gunawan, H. Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.
Habibi, D F.“Modernisasi Pendidikan Islam di Timur Tengah”. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 4(2), (2018): 33.
Hamid, A and Yahya. Pemikiran Modern dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia. 2010.
Hefni, M. Para Pemikir Hukum Islam Kontemporer: Perdebatan Sosiologis Munculnya Teori dan Gagasan Hukum Islam. Surabaya: Salsabila Putra Pratama. 2013.
HM., Sahid. “Sejarah Evolusi Sunnah: Studi Pemikiran Fazlurrahman”. al-Tahrir. 11(1), (2011): 176.
Idi, A dan Suharto, T. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.
Lestari, S. and Ngatini. Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.
Masruroh, N and Umiarso. Modernisasi Pendidikan Islam Ala Azyumardi Azra. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2011.
Mawaddah, U and Karomah, S.“Pendidikan Modern di Indonesia”. Jurnal al-Thariqah. 3(1), (2018): 22.
Muafatun, S. & Rohman, M. M. “POTRET GURU IDEAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”. AL-ALLAM Jurnal Pendidikan. 2(1), Article 1, (Januari 2021): 53-67. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view4727.
Nasution, H. Enseklopedi Islam Indonesia. Jilid 3. Jakarta: Djambatan. 2002.
Nata, A. Pemikiran Islam dan Barat. Jakarta: Raja Wali Pers. 2013.
Oviyanti, F. “Sumbangan Pemikiran Kependidikan Fazlur Rahman”. Ta’dib. (3), (2000): 84.
Partanto, P A. dan Al-Barry, D. Kamus Ilmiyah Populer. Surabaya: Arkola. t.t.
Rahman, F. “An Autobiographical Note”. Journal of Islamic Research. 4(4), (1990): 227-287.
Rahman.“Mengapa Saya Hengkang dari Pakistan?”. Trans. Ihsan Ali Fauzi. Islamika. (2) (1993): 17.
Rahman, R.“Modernisasi Pendidikan Islam Abad 20: Studi Kasus di Sumatera Barat”. Humonus. 14(2), (2015): 175.
Rohman, M. M. & Muafatun, S. “Hacking Muhammad Syahrur Hudud Theory and Its Relevance to the Inheritance of Sangkolan Madurese People”. Jurnal Ilmiah al-Syir’ah, vol. 19. No. 2. (2021): 154-172. http://dx.doi.org/10.30984/jis.v19i2.1625.
Ramayulis and Nizar, S. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikir Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia. 2009.
Rohman, M. M. “The Benefit Principles of Istibdāl on Wakaf Objects (Analysis of Dhawābith al-Mashlahah Sa’īd Ramadhān al-Būthi)”. Jurnal Mahkamah: Kajian Ilmu Hukum dan Hukum Islam. 6(1). Article 1. (Juni 2021): 17-36. https://doi.org/10.25217/jm.v6i1.1246.
Sanaky, H AH. “Pembaharuan Pendidikan Islam: Studi Pemikiran Fazlur Rahman tentang Konsep Pendidikan Tinggi Islam”. JPI FLAI: Jurusan Tarbiyah. 6 (2002): 4.
Sibawaihi. Hermeneotika al-Qur’an Fazlurrahman. Yogyakarta: Jalasutra. 2007.
Sumanti, S T. “Latar Belakang dan Bentuk Modernisasi Pendidikan Islam di Turki”. al-Ta’lim. 15 (1), (2016): 101.
Suryabrata, S. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1998.
Sutrisno. Fazlurrahman: Kajian Terhadap Metode Epistimologi dan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2006.
Tafsir, A. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1992.
Tafsir. Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.
Widyastono, H. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah: Dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.
Zaprulkhan. Filsafat Islam: Sebuah Kajian Tematis. Jakarta: Raja Grafindo Persada 2014.
Zuraya, H.. “Konsep Pendidikan Fazlur Rahman”. Jurnal Khatulistiwa-Journal of Islamic Studies. 3(1): (2013), 196-197.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).