Sistem Ideologi Manajemen Pendidikan Kader Muhammadiyah

Authors

  • Alfan Thoriq Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Silawati Silawati Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Yusron Masduki Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v19i1.519

Keywords:

Ideologi, Islam, Kaderisasi, Manajemen, Muhammadiyah

Abstract

Masa depan Persyarikatan Muhammadiyah tidak akan terlepas dari upaya untuk meneruskan cita-cita dan keyakinan hidupnya terutama bagi para angkatan muda untuk nantinya berperan sebagai pelopor dalam penyempurnaan amal usaha yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar tentunya membutuhkan kader penerus untuk melanjutkan estafet kepemimpinan. Pengkaderan merupakan jantungnya organisasi, dimana keberlangsungan suatu organisasi, sangat tergantung dari seberapa komitmen para pengurus organisasi tersebut melaksanakan pengkaderan. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana sistem ideologi manajemen pendidikan kader dalam Persyarikatan Muhammadiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka proses studi literatur yang dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya adalah pencarian sumber data berdasarkan topik garis besar, pengelompokkan sumber data serta perbandingan data yang saling berhubungan. Hasil penelitian yang diperoleh menegaskan bahwa proses pengkaderan yang dikembangkan berdasarkan sistem ideologi Muhammadiyah, diharapkan dapat menghasilkan perubahan perilaku dan tindakan. Sistem Perkaderan Muhammadiyah dapat dilakukan melalui jalur keluarga, AUM, Ortom, dan jalur khusus MPK. Bentuk kaderisasi di Muhammadiyah ada yang bersifat formal dan non formal. Sistem kaderisasi formal sendiri terbagi menjadi pengkaderan utama dan pengkaderan fungsional. Sistem Perkaderan Muhammadiyah (SPM) harus berorientasi pada manajemen pendidikan kader yang efektif dan efisien yang kemudian menjadi dasar dari pelaksanaan kegiatan perkaderan.

Author Biographies

Alfan Thoriq, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Program Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Silawati Silawati, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Program Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

References

Anshori, Anhar. Penguatan Ideologi Kaderisasi Dan Kepemimpinan Muhammadiyah. Yogyakarta: LPSI Universitas Ahmad Dahlan, 2022.

Aqidah, Prodi, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Ushuluddin, Soren Abey, and Gabriel Marcel. “Eksistensi Ideologi Muhammadiyah Kepemimpinan.” Paradigma: Jurnal Kalam Dan Filsafat 2, no. 1 (2020): 36–59.

Aydrus, Nurlaila Al, Adhriansyah A Lasawali, Fakultas Agama Islam, and Universitas Muhammadiyah Palu. “Peran Muhammadiyah Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia Muhammadiyah ’ s Role in the Development of Islamic Education in Indonesia.” IQRA: Jurnal Ilmu Kendidikan Dan Keislaman 17 (2022): 17–25.

Cholis, Mohammad Nur. “Manajemen Kaderisasi Dalam Mencetak Kader Organisasi Militan” 6, no. 1 (2021): 41–52.

Furqoni, Ridwan. “Studi Kritis Terhadap Sistem Perkaderan Muhammadiyah Sebagai Sistem Penyiapan Kader Muhammadiyah.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Hastuti, HP, and M Jinan. “Manajemen Kaderisasi Dai Muhammadiyah Melalui Program Beasiswa Sangsurya Di Lazismu Sragen Tahun 2020,” 2022. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/105525.

Hazmi, Muhammad, Dhian Wahana Putra, Amri Gunasti, and Abdul Jalil. “Ideologi Muhammadiyah.” Ideologi Muhammadiyah, 2020. https://doi.org/10.32528/342988839_ideologi.

Kahfi, Muhammad. “Peranan Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Berkemajuan Di Era Modern.” Al-Risalah 11, no. 2 (2020): 110–28. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v11i2.590.

Khoiriyah, Siti dan Ardi Kurniawan. Pendidikan Kemuhammadiyahan. Yogyakarta: Grama Surya, 2018.

Kurniaty, Yulia, and Chrisna Bagus Edhita Praja. “Keluarga Sebagai Agen Pembentuk Kader Muhammadiyah.” Tarbiyatuna 7, no. 1 (2016): 25–37.

Lestari, Muflihah Dwi. “PERKADERAN INTELEKTUAL PIMPINAN CABANG IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH KABUPATEN SUKOHARJO.” Tajdida 15, no. 1 (2017): 38–48.

Lubis dan Dianto. “Pembinaan Kader Muhammadiyah Dalam Membangun Nilai-Nilai Toleransi Sebagai Upaya Menghadapi Berbedaan Paham Pada Masyarakat Desa Melati Kec. Perbaungan.” JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (2021). https://doi.org/10.30596/jp.v6i2.7831.

Mappanyopa dan Imawanto. “Problematika Pengkaderan Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Mataram Dalam Perspektif Norma Pengkaderan Muhammadiyah.” Media Keadilan:Jurnal Ilmu Hukum 10, no. 1 (2019): 82–98.

Mardani. “Manajemen Pendidikan Kader Muhammadiyah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Muhammad Junaidi; Roudlotul Jannah; Arnold Tri Hantoro. “Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah Dalam Penguatan Kader Persyarikatan.” Tajdid 16, no. 2 (2018): 103–16.

Munajat, A, I Hurri, L Siwiyanti - DEDICATION: Jurnal Pengabdian, and Undefined 2018. “PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI DAN KADERISASI SERTA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN POLITIK DALAMORGANISASI KEMAHASISWAAN (ORMAWA).” Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2018): 107–12. http://eprints.ummi.ac.id/345/.

Nashir, Haedar. Memahami Ideologi Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2014.

Nihayati, Nihayati, and Faza Miftakhul Farid. “Kaderisasi Muhammadiyah Dalam Aspek Sosial Di Ambarawa Pringsewu Lampung.” Profetika: Jurnal Studi Islam 20, no. 1 (2019): 30–40. https://doi.org/10.23917/profetika.v0i0.8946.

Normuslim, N. “Problematika Dan Strategi Kaderisasi Dalam Muhammadiyah.” Jurnal Kajian Islam, no. Pa I (2012): 107–15. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2291/1/Normuslim%2C Problematika dan Strategi Kaderisasi dalam Muhammadiyah.pdf.

Rianti, Ririn. “Pentingnya Kaderisasi Kepemimpinan Untuk Mewujudkan Pemimpin Muda Hindu Yang Inovatif,” no. 1 (2021): 212–20.

Saryono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta, 2017.

Sugrah, Nurfatimah Ugha. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains.” Humanika 19, no. 2 (2020): 121–38. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274.

Wakila, Yasya Fauzan. “Konsep Dan Fungsi Manajemen Pendidikan.” Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik 3, no. 1 (2021): 44–56.

Published

2023-06-30