Efektivitas Telegram Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.56633/jkp.v19i2.543Keywords:
Siswa, E-Learning, Aplikasi TelegramAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang terkait dengan penggunaan telegram sebagai media pembelajaran dan cara pemanfaatan telegram sebagai media pembelajaran online dalam mata pelajaran menjadi tempat penelitian. Penelitian ini mengambil pendekatan fenomenologi dengan penelitian kualitatif. menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Berdasarkan temuan penelitian ini, aplikasi telegram dimanfaatkan sebagai media penyebaran materi pelajaran, penyampaian informasi, dan evaluasi kegiatan siswa. Guru dan siswa menghadapi sejumlah tantangan saat menggunakan telegram, termasuk kurangnya sumber daya, kondisi ekonomi, kemampuan komunikasi, penguasaan teknologi pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan minat belajar. Upaya mengatasi kendala tersebut antara lain: (a) membatasi pembelajaran tatap muka; b) mengatur pelatihan guru; c) membuat lembar kerja mandiri; d) meningkatkan tingkat komunikasi seseorang; dan (e) mendorong orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan online di rumah anak-anak mereka.
References
Arifin, Haris Nursyah. (2020). Penggunaan Video Pembelajaran dan Diskusi melalui Telegram dalam Pembelajaran Daring Masa Pendemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Widya Balina, 5 (2), 148—160. https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.59
Asmuni. (2020) “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya”. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. doi: 10.33394/jp.v7i4.2941.
Bare, Y., S, M., & Mira, K. (2022). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Journal on Teacher Education, 3(2), 356-366. doi:10.31004/jote.v3i2.4060
Barokah, E. (2021). Penerapan Penggunaan Telegram dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar pada Teks Hikayat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 309–325.
Lestari, Wiji (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pandemi Covid-19 di VI Sekolah Dasar : Jambi.
Putri, R., Meldawati, & Junaidi, J. K. (2021). Gambaran Motivasi Belajar dalam Penggunaan Media Pembelajaran Whatsapp pada Mata Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas XI IIS di SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Journal on Teacher Education, 3(1), 77-84. doi:10.31004/jote.v3i1.2457
Rahayu, Susiana. (2021). Analisis Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.
Rois, I. N., & Setyawan, C. E. (2021). Penggunaan Aplikasi Telegram sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Peminatan di MAN 1 Kulon Progo. Proceeding of Annual International Symposium on Arabic Language, Culture and Literature, 1(1), 59–68. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/aisall/article/view/4348
Subiyantoro, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan BOT API Aplikasi Telegram Pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 12 Jakarta. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 08(3), 15. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal- pendidikan-kewarganegaraa/article/view/36178/32207
Syafitri, Pipit. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Akutansi Perusahaan Dagang Kelas XII IPS SMA Negeri 7 Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Tompo, Basman (2018). Pesona Bot Telegram. Sulawesi Selatan : CV. Syahadah Creative Media (SCM)
Windrayadi, Y. D. P., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan E-Learning Berbasis Aplikasi Telegram Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 . OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 2(2), 59–64. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/347
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Angria Milleni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).