Efektivitas Telegram Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring

Authors

  • Angria Milleni STKIP ROKANIA
  • Sasnita Riyani STKIP ROKANIA
  • Agung Setiawan STKIP ROKANIA
  • Detri Amelia Chandra STKIP ROKANIA

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v19i2.543

Keywords:

Siswa, E-Learning, Aplikasi Telegram

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang terkait dengan penggunaan telegram sebagai media pembelajaran dan cara pemanfaatan telegram sebagai media pembelajaran online dalam mata pelajaran menjadi tempat penelitian. Penelitian ini mengambil pendekatan fenomenologi dengan penelitian kualitatif. menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Berdasarkan temuan penelitian ini, aplikasi telegram dimanfaatkan sebagai media penyebaran materi pelajaran, penyampaian informasi, dan evaluasi kegiatan siswa. Guru dan siswa menghadapi sejumlah tantangan saat menggunakan telegram, termasuk kurangnya sumber daya, kondisi ekonomi, kemampuan komunikasi, penguasaan teknologi pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan minat belajar. Upaya mengatasi kendala tersebut antara lain: (a) membatasi pembelajaran tatap muka; b) mengatur pelatihan guru; c) membuat lembar kerja mandiri; d) meningkatkan tingkat komunikasi seseorang; dan (e) mendorong orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan online di rumah anak-anak mereka.

References

Arifin, Haris Nursyah. (2020). Penggunaan Video Pembelajaran dan Diskusi melalui Telegram dalam Pembelajaran Daring Masa Pendemi Covid 19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2020/2021. Widya Balina, 5 (2), 148—160. https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.59

Asmuni. (2020) “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya”. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. doi: 10.33394/jp.v7i4.2941.

Bare, Y., S, M., & Mira, K. (2022). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Journal on Teacher Education, 3(2), 356-366. doi:10.31004/jote.v3i2.4060

Barokah, E. (2021). Penerapan Penggunaan Telegram dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar pada Teks Hikayat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 309–325.

Lestari, Wiji (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pandemi Covid-19 di VI Sekolah Dasar : Jambi.

Putri, R., Meldawati, & Junaidi, J. K. (2021). Gambaran Motivasi Belajar dalam Penggunaan Media Pembelajaran Whatsapp pada Mata Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas XI IIS di SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Journal on Teacher Education, 3(1), 77-84. doi:10.31004/jote.v3i1.2457

Rahayu, Susiana. (2021). Analisis Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.

Rois, I. N., & Setyawan, C. E. (2021). Penggunaan Aplikasi Telegram sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Peminatan di MAN 1 Kulon Progo. Proceeding of Annual International Symposium on Arabic Language, Culture and Literature, 1(1), 59–68. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/aisall/article/view/4348

Subiyantoro, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan BOT API Aplikasi Telegram Pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 12 Jakarta. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 08(3), 15. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal- pendidikan-kewarganegaraa/article/view/36178/32207

Syafitri, Pipit. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Akutansi Perusahaan Dagang Kelas XII IPS SMA Negeri 7 Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Tompo, Basman (2018). Pesona Bot Telegram. Sulawesi Selatan : CV. Syahadah Creative Media (SCM)

Windrayadi, Y. D. P., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan E-Learning Berbasis Aplikasi Telegram Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 . OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 2(2), 59–64. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/347

Published

2023-12-31