Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru

Authors

  • Ahmad Khoiri Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Walisongo Sampang

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v20i1.628

Keywords:

Leadership, Principal, Teacher Performance

Abstract

Increasing the quality of education is determined by the school principal's leadership. The school principal's leadership style greatly influences teachers' performance in carrying out their duties and responsibilities. This research aims to analyze school principals' leadership in improving teacher performance. The method used is qualitative with this type of research using literature reviews from articles, scientific journals, and books. The research results show that: School principal leadership in the era of globalization has experienced developments by utilizing digitalization to improve teacher performance. The leadership style is becoming more open, which impacts teacher performance to become more effective and efficient.

References

Ali, M Nurbaya Siti Cut Zahri Harum dan Djailani AR. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDN Negeri Lambaro Angan.” Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 3, No. 2 (Mei, 2015): 121.

Anggayani, Luh Ni Piers Andreas Noak dan I Putu Dharmanu Yudharta. “Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 2 Pamecutan Kota Denpasar).” https://media.neliti.com: 4.

Ashlan, Said dan Akmaluddin. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. 1. Makassar: Yayasan Barcode, 2021.

Ashlan, Said dan Hambali. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Cet. 1. Pasaman: CV. Azka Pustaka, 2022.

Ayu, Patima Siti Nanang Qosim dan Sollah Siolehuddin. “Studi Deskriptif Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Satreyan 3 Maron.” Jurnal Kewarganegaraan 8, no. 1 (Juni, 20224): 105.

Azzahra Riza Dinda. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah yang Efekti.” Jurnal IJIAM-EDU 1, no. 1 (Maret, 2024): 44.

Djunaidi. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Tarbiaytuna 2, no. 1 (Januari, 2017): 97.

Ghafur, Abdul. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. 1. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2020.

Hapudin, Soleh Muhammad dan Arief Kusuma Praja. Kepemimpinan Pendidikan Konsep dan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Edisi 1. Cet. 1. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2022.

Ikhsandi, Harits Rio M dan Zaka Hadikusuma Ramadan.”Kepemimpinan Kepada Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (April, 2021): 1313.

Kasidah, Murniati AR dan Bahrun. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Banda Aceh.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala 5, no. 2 (Mei, 2017): 128.

Nadia Salsabila et al. “Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Wijaya Putra Surabaya.” Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 3, no. 2 (Juni, 2023): 169.

Nuzuli, Khairul Ahmad. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Cet. 1. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2023.

Rahmanto, Agung. Manajemen, Supervisi, & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. 1. Semarang: Cahya Ghani Recovery, 2022.

Rahmi, Agustina. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. 1. Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2023.

Saputri, Melati. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Ijiam-Edu 1 no. 1 (2024): 68.

Suryadhiningra, Karina Fitri Raden Tjutju Yuniarsih dan Janah Sojanah. “Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung).” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 7, no. 2 (Juli, 2022): 168.

Zuryati, Djailani dan Nasir Usman. “Gaya Kepemimpinan Kepada Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SDN 7 Muara Dua Lhoksumawe.” Jurnal Adminitarasi Pendidikan Pacasarjana Universitas Syiah Kual 3, no. 2 (Mei, 2015): 29.

Published

2024-07-16