Strategi Dakwah Dalam Pembinaan Mualaf Rumah Saudara Baru (DMDI) di Desa Jangkang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis

Muhammad safuan(1*), Amrizal rizal(2),

(1) STAIN Bengkalis
(2) STAIN Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi dari satu kondisi Mualaf di Rumah Saudara Baru Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) di Desa Jangkang Kecamatan Bantan yang kurang di perhatikan secara maksimal. Kenyataannya Mualaf sangat memerlukan pembinaan spiritual dan mentalitas ketauhidan agama Islam. Kondisi ini menyebabkan banyak diantara Mualaf jarang mengikuti pembinaan yang telah  dan adanya pengelolaan sarana dakwah dan pendidikan belum menunjukan proses seharusnya. Penulis ingin mendapatkan data bagaimana strategi dakwah digunakan dalam pembinaan Mualaf, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat proses pembinaan, serta sejauh mana hasil pembinaan yang dilaksanakan para da’i/da’iyah (guru) terhadap mualaf Rumah Saudara Baru Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) di Desa Jangkang Kecamatan Bantan. Untuk menjelaskan kajian kulitatif deskriftif yang penulis lakukan, maka langkah-langkah untuk mendapatkan data tersebut penulis menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode dalam pengumpulan data. Hasilnya strategi yang digunakan dalam pembinaan menggunakan dakwah formal dan non-formal serta pendekatan individual. Sedangkan sarana yang mendukung ada juga mualaf yang enggan belajar  disebabkan jarak tempuh yang jauh dan kondisi ekonomi. Disamping itu, pembinaan belum terlaksana, hal ini juga ditunjukan dengan belum minimnya strategi yang digunakan sebagaimana diharapkan.

Kata Kunci: Dakwah Dan DMDI

 


Full Text:

PDF

References

Badudu. (2002). KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA EDISI LENGKAP. Jakarta : Cijago Pers.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2009). AL-QURAN DAN TERJEMAHAN. Bandung; Sygma Examedia Arkanleema.

Haidar Barong. UMAR BIN KHATAB DALAM PERBINCANGAN. Jakarta: Yayasan Cipta Persada.

Ismail Nawawu. (2010). RAHASIA DI BALIK RAHASIA RUKUN ISLAM. Surabaya; Putra Media Nusantara.

Kustadi Suhandang. (2014). STRATEGI DAKWAH; PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM DAKWAH. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubasyaroh. (2017). STRATEGI DAKWAH PERSUASIF DALAM MENGUBAH PERILAKU MASYARAKAT. Journal Academic for Homiletic Studies. 11,2.

Wardi Rudi Cahyono. (2015). JURNAL PSIKOLOGI KLINIS DAN KESEHATAN MENTAL (KOMITMEN BERAGAMA PADA MUALLAF : STUDI KASUS MUALAF USIA DEWASA) 4.1


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF file viewed/downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.