Manajemen Perkumpulan Mubaligh (Pmb) Dalam Pengembangan Dakwah Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya

khairul izham(1*), Jarir jarir(2),

(1) 
(2) STAIN Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan pada manajemen pengembangan dakwah di salah satu lembaga dakwah yaitu Perkumpulan Mubaligh Bengkalis (PMB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman manajemen PMB dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pengembangan dakwah pada Perkumpulan Mubaligh Bengkalis (PMB) di Kecamatan Bengkalis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Setelah peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan teknik yang disebutkan sebelumnya, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan dakwah yang dilakukan oleh Manajemen PMB (Perkumpulan Mubaligh Bengkalis) di Kecamatan Bengkalis terdiri dari beberapa langkah yaitu: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian. Dan juga ada dua sisi positif dan negatif dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pengembangan dakwah pada Perkumpulan Mubaligh Bengkalis (PMB)

Kata Kunci : Manajemen PMB, Pengembangan Dakwah

Full Text:

PDF

References

Muhammad M dan Wahyu I. (2019). MANAJEMEN DAKWAH. Jakarta; Kencana.

Sopian, Sopian (2016) Peran Dakwah dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja di Desa Aeng Batu-Batu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Wahidin S. (2011). PENGANTAR ILMU DAKWAH. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Wirdha R. (2017). MANAJEMEN STRATEGIS LEMBAGA DAKWAH UKHUWATUL ISLAMIYAH DALAM MEMBINA KADER DA’I DI DESA PANCIRO KECAMATAN KABUPATEN GOWA. UIN Alauddin Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF file viewed/downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.