تطبيق نموذج التعلم التعاوني بأسلوب سيكريمبيل في ترقية مهارة القراءة لدى تلاميذ في الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الخيرية تيلوك بامبانج

Application of The Cooperative Learning Model Scramble Type to Improving Reading Skills of Class VIII Students at MTs Al-Khairiyah Teluk Pambang

Authors

  • Khaizatul Zurin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Triana Susanti STAIN Bengkalis

Keywords:

cooperative learning, model scramble, reading skills

Abstract

The purpose of this study to determine the application of the cooperative learning model scramble type in class VIII students at MTs Al-Khairiyah Teluk Pambang, to find out whether the cooperative learning model scramble type can increase the spirit of reading skills in class VIII students at MTs Al-Khairiyah Teluk Pambang. This research uses a quantitative approach with an experimental research type. The data collection techniques used are observation and tests. The total research population was 12 students, all of whom were sampled, using a total sampling technique. This research uses a pretest-posttest, one group design. The data that has been collected is then processed and analyzed using statistical analysis. Hypothesis testing uses saphiro-wilk test analysis. This shows that there is an increase in the application of the cooperative learning model scramble type  to improving reading skills of class VIII students at MTs Al-Khairiyah Teluk Pambang.

References

كريمان بدير يأميلي صادق. تنمية المهارات اللغوية. ( القاهرة : دار النشر- عالم الكتاب, ط ٢٠٠٠١ م). ص. ٨٩

تيرلي جويس, مهارات القراءة السريعة, ( المملكة العربية السعودية : الرياض : ٢٠١٠ ), ص ١٧

Ali ,Ismun, Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning ) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam :Jurnal Mubtadiin, Vol 7, Nomor 1, 2021

Apriyani, R. Isjoni, Dan Yuliantoro, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Menggunakan Media Bulletin Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS di SMAN Tuah Gemilang : JISHUM (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora), Vol.1, No.3, 2023

Hajri, S. M. Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Kelas VIII Mts Muhammadiyah 2 Jenangan, (Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2021)

Halimah, F, Siregar, dan Rahmatina, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Scramble di Sekolah Dasar : Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.4, No.3, 2020

Halisyah, S. N. Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Maharah Al-Qira’ah Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Syehlokiyah Towale Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala, (Palu: IAIN Palu, 2021)

Hasibuan, M. N. dan Sa’diyah, H. Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah : Jurnal REVORMA, Vol 3, No.1, April, 2023

Hoerudin, C,W. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pemeblajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Scramble : Jurnal Al- Amar (JAA), Vol.4, No.2, 2023

Huda, Miftahul,( 2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran

Jannah, N. B. H. Efektifitas Metode Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca (Maharah Qira’ah) MAN 1 Tegal, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga,2022)

Maftukhah, A. J. Dan Dwi, A. A. Penerapan Metode Scramble Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia,Jurnal IJEE,Vol.3, No. 1, Juni 2022

Nizar, Samsul, Buku Pedoman Penulisan Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Bengkalis, 2022

Oktavia, S, Fadhilaturrahmi, dan Marleni, L, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.1, No.3 2019

Putri, A R, dkk., Model Scrambel Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa :Jurnal Educatio, Vol.8, No.3 2022

Subandriyo, F. R. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Al Hikmah : Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman, 2019

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D Bandung:Alfabetta, 2022

TP, ATP, Dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pada Madrasah, Bahasa Arab, Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022

Wantu, N, Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Inggris, AL-MINHAJ : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1 , No.1, 2018

Wulansari, W, dkk., Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 138 Palembang : Journal On Teacher Education, Vol.4, No.1, 2022

Yusnaldi, E. dkk., Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Usia Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS : Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.7, No.3, 2023

Downloads

Published

2025-06-30