Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TSTS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Kelas VIII.A MTSN 1 Bengkalis

Firda Iriyany(1*),

(1) MTs Negeri 1 Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract

Berdasarkan hasil Penelitian  dan pembahasan tentang hasil Penelitian  maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS)  dapat meningkatkan Hasil belajar peserta didik kelas VIII.A  MTsN 1 Bengkalis  pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 pada materi persamaan garis dari rata-rata 65,14 naik menjadi  rata-rata 75,31. Berdasarkan hasil penelitian  yang telah dilakukan, direkomendasikan kepada guru  yang akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan Hasil belajar matematika peserta didik  lebih fokus peningkatan materi prasyarat sebagai penunjang dalam materi pelajaran yang akan dipelajari.


Keywords

model pembelajaran, kooperatif, stay to story, hasil belajar, matematika


References

B. Uno, Hamzah., Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. (Jakarta : Bumi Aksara, 2008)

Badan Standar Nasional Pendidikan, Standar pendidikan Sekolah Menengah Pertama, (Jakarta : Depdiknas, 2006)

Anita Lie, Model Pembelajaran Kooperatif, (Bandung: Sutra Benta, 2010)

Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2006)

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Erlangga, 2010)

Ibrahim Muslimin, Model Pembelajaran, (Yogyakarta: CTSD. 2004)

Mulyasa, E, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan KBK, (Remaja Rosda Karya, Bandung : 2005)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Slavin, Cooperative Learning, (Yogyakarta: CTSD. 2010)

Sugiyono. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). (Bandung: Alfabeta, 2015)

Suharsimi Arikunto. Prosedur penelitian suatu tindakan praktek, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010)

Sumarno, Penelitian Pendidikan dan Sosial, (Jakarta: GP Press, 1997)

Trianto, Manajemen Mutu dalam Pendidikan, Semarang : Ghyyas Putra, 2012)

Wardani. Penelitian Tindakan Kelas, (Tangerang: Universitas terbuka, 2007,)

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008)


Article Metrics

This article has been viewed : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 

Creative Commons License

All publications by Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Alamat:
Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Bengkalis
Jln. Lembaga Senggoro Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis,
Riau - Indonesia
Telp./Fax.: 0766-8001050
Email: jurnalkaisa@gmail.com

 

e-ISSN: 2775-2577     |     View Kaisa Stats