Teknik Wait Time dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.F MTsN 1 Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.56633/kaisa.v1i1.196Keywords:
wait time, hasil belajar, bahasa InggrisAbstract
The learning outcomes of MTsN 1 Bengkalis students are still low. The learning process is more student-centered so they rarely design and plan the learning process personally. This is the Classroom Action Research with 4 actions, namely: planning, implementing, observing and reflecting which is carried out in 2 cycles. This study aims to improve student learning outcomes class VIII.F MTsN 1 Bengkalis in English English lessons. Research data were collected using observation, test, and documentation techniques. The conclusion of this study is the wait time learning technique in English lessons at MTsN 1 Bengkalis has been implemented 70%. Student learning outcomes after carrying out this study are in the high category with an average of 73.33. The level of significance of the comparison of student learning outcomes before and after using the wait time technique in learning English is 4.16. The wait time technique has an effect on improving student learning outcomes based on the t-test at a significant level of 5% and 1%.
Hasil belajar bahasa Inggris siswa MTsN 1 Bengkalis masih tergolong rendah. Proses pembelajaran lebih berpusat pada siswa sehingga mereka jarang merancang dan merencanakan proses pembelajaran secara pribadi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas VIII.F MTsN 1 Bengkalis pada pelajaran bahasa Inggris Inggris. Data-data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah teknik pembelajaran wait time pada pelajaran bahasa Inggris di MTsN 1 Bengkalis sudah terlaksana 70%. Hasil belajar siswa setelah dilaksanakan penelitian ini berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 73.33. Tingkat signifikansi perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan teknik wait time pada pembelajaran bahasa Inggris adalah 4.16. Teknik wait time berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan uji t-tes pada taraf signifikan 5% dan 1%.
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2019.
Azizah, Siti. “Implementasi Penilaian Hasil Belajar Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 di SMPN 1 Pamekasan.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam 15, no. 1 (October 10, 2018): 125–148.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Fuad, Muhammad Mazirul. “Pengaruh Teknik Pembelajaran Wait Time (Waktu Tunggu) terhadap Kecakapan (Ability) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih di MA Ismailiyyah Nalumsari Jepara.” Skripsi, STAIN Kudus, 2017. Accessed January 12, 2021. http://repository.iainkudus.ac.id/1183/.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Isu-Isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, 2015.
Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006.
Mikarsa, Hera Lestari, Agus Taufik, Prianto, and Puji Lestari. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Muthoharoh, Nurul Badriyatul. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif ‘Think Pair Share (TPS)’ terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 2, no. 1 (2017): 33–42.
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. IX. Jakarta: Balai Pustaka, 1986.
Rosnaningsih, Asih, Dwi Nur Faridah, and Nuri Fitriyani. “Penggunaan Strategi Concept Cartoon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris SDN Bencongan 1 Kabupaten Tangerang.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran 1, no. 1 (2020): 1–7.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana, 2016.
Yusri, Yusri, Ana Rosida, Jufri Jufri, and Mantasiah R. “Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 2, no. 2 (August 1, 2018): 77–82.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sri Murni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).