Penerapan Teknik Wait Time dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII.F MTSN 1 Bengkalis

Sri Murni(1*),

(1) MTs Negeri 1 Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract

Kesimpulan di dalam penelitian ini adalah Penerapan teknik pembelajaran wait time pada pelajaran Bahasa Inggris khususnya tenses  di MTSN 1 Bengkalis  sudah terlaksana 70% dan yang belum dilaksanakan adalah 30%. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik wait time dikategorikan tinggi dengan rata-rata 73.33, dimana nilai keterlaksanaan ini berada pada rentang 61% - 80%. Tingkat signifikansi perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan teknik wait time pada pembelajaran Bahasa Inggris khususnya tenses  adalah 4.160. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan teknik wait time signifikan pada level 5% dan 1%. Sehingga dapat dikatakan bahwa teknik wait time berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.


Keywords

teknik wait time, hasil belajar, bahasa inggris


References

Amirul Hadi, Teknik Mengajar secara Sistematis, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Untuk Pendidikan, (Jakarta : Rajawali Press, 2005)

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (Jakarta : 2006)

BSNP, Standar Kompetensi Lulusan SMP/MTs, (Jakarta : Puskur, 2006)

Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2006)

Hartono, Statistik Untuk Penelitian¸ (Pekanbaru : Pustaka Pelajar, 2010)

Hera Lestari Mikarsa, Pendidikan Anak di SD. (Jakarta : Universitas Terbuka. 2008)

Hisyam Zaini dkk, Metode Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: CTSD, 2004)

Jhoni Iskandar, Kamus Besar Bahasa Inggris ,( Jakarta : Pustaka Pelajar, 2010)

Melvin L. Silberman, Active Learning, (Bandung : Nusamedia : 2006)

Mohammad Surya, Percikan Perjuangan Guru, (Semarang : Aneka Ilmu, 2003)

Noehi Nasution dan Adi Suryanto, Evaluasi Pengajaran, Jakarta, Universitas Terbuka, 2008.

Subana dan Sudrajat, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung, Pustaka Setia, 2005.

Sudjana N, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinarbaru Algesindo, 2008)

Suranto, Manajemen Mutu dalam Pendidikan, (Semarang : Ghyyas Putra, 2009)

Warsono, Teknik Pembelajaran, (Bandung : Trimedia, 2012)

Winarno Surakhmad, Pengantar Interaksi Mengajar Belajar,(Bandung : Tarsito, 2003)


Article Metrics

This article has been viewed : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 

Creative Commons License

All publications by Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Alamat:
Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Bengkalis
Jln. Lembaga Senggoro Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis,
Riau - Indonesia
Telp./Fax.: 0766-8001050
Email: jurnalkaisa@gmail.com

 

e-ISSN: 2775-2577     |     View Kaisa Stats