Permainan Personifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5 Tahun di RA Ibnu Khaldun Bengkalis

Authors

  • Siti Munawarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Siti Fidariana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v1i1.206

Keywords:

permainan personifikasi, motorik kasar, anak usia 5 tahun

Abstract

The purpose of this study was to determine the application of personification games in improving gross motoric ability of children 5th years. The method used was Classroom Action Research with two cycles and three meetings. The stages in each cycle consist of planning, implementing, observing and reflecting. Research data were collected using interview techniques, observation and documentation. Qualitative data is described by sentences based on each category. Meanwhile, the quantitative data were analyzed using the percentage formula. The findings in this study are that the optimal applications of personification games give a good contribution to children's gross motoric ability. The children are able to develop the strength of their limbs by playing properly. It was concluded that the gross motoric ability of children in RA Ibnu Khaldun Bengkalis improved according to the age of growth.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5 tahun menggunakan permainan personifikasi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga pertemuan dalam dua siklus. Tahapan dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kualitatif dideskripsikan dalam bentuk kalimat berdasarkan kategori dan data kuantitatif dianalisa dengan rumus persentase. Temuan dalam penelitian ini adalah, permainan personifikasi meniru gerakan binatang secara optimal dapat memberikan kontribusi yang baik pada perkembangan motorik kasar anak. Anak mampu mengembangkan kekuatan dan ketahanan anggota tubuhnya dengan cara bermain yang benar. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak di RA Ibnu Khaldun Bengkalis meningkat dan terarah sesuai perkembangan usianya.

Author Biographies

Siti Munawarah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Pendidikan Anak Usia Dini

Siti Fidariana, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Aisyah, Siti, Mukti Amini, T Chandrawati, and D Novita. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Amin, Mujid Farihul, and Ary Setyadi. “Personifikasi dan Simile dalam Prosa Lirik Pengakuan Pariyem Karya Linus Suryadi A.G.” Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 12, no. 4 (November 1, 2017): 276–290.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2019.

Arpa, Desi, and Maghfiroh Maghfiroh. “Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di RA Ibnu Khaldun Pedekik Bengkalis.” Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 1 (March 10, 2021): 38–46.

Hasan, Maimunah. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Hotimah, Itim, Indrawati Noor Kamila, and Ujang Endang. “Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Engklek.” Tarbiyat al-Aulad : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (May 17, 2018): 1–8.

Jawati, Ramaikis. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di PAUD Habibul Ummi II.” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 1, no. 1 (May 9, 2013): 250–263.

Masitoh. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Nugraha, Ali, and Yeni Rachmawati. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Ramdani, Luthfi Aji, and Nur Azizah. “Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (December 30, 2019): 482–490.

Setyawan, Danang Aji, Husnul Hadi, and Ibnu Fatkhu Royana. “Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Surakarta.” JURNAL PENJAKORA 5, no. 1 (July 5, 2018): 17–27.

Sujiono, Bambang, M. S. Sumantri, Siti Aisyah, Sri Tatminingsih, Mukti Amini, and Ario S. Suroso. “Metode Pengembangan Fisik.” In Hakikat Perkembangan Motorik Anak, 1:1–21. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Suryani, Novi Ade. “Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba pada PAUD Kelompok A.” Jurnal Ilmiah Potensia 4, no. 2 (July 28, 2019): 141–150.

Suyadi. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books (Ihdina), 2006.

Downloads

Published

2021-03-18