Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Munawarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v1i2.268

Keywords:

discovery learning, early childhood

Abstract

The current learning paradigm has changed from being teacher-oriented to student-oriented. One of the student-oriented learning strategies is discovery learning. However, there are still many teachers who do not understand the meaning of student-oriented in practice, then the teacher dominates learning in the classroom learning and eliminating the participation of children to be active. This study uses a qualitative approach and the data were collected using the library research technique. In the discovery learning, the teacher designs some problems about learning themes and the students are given the freedom to find their own concepts that will be learned through critical thinking so that become life skills for them. Discovery learning changes the conditions of passive learning into active and creative, the students are given the freedom to explore, actively create, and generalize their knowledge. Through discovery learning strategies, the students are expected to become problem solvers to solve some problems and make decisions.

Paradigma pembelajaran saat ini sudah berubah dari yang bersifat teacher oriented menjadi student oriented. Salah satu strategi pembelajaran yang berbasis student oriented adalah discovery learning. Namun, masih banyak pendidik yang belum memahami makna student oriented pada pelaksanaannya, kemudian lebih mendominasi pembelajaran di kelas, sehingga menghilangkan partisipasi anak untuk aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Pada strategi discovey learning, guru merancang beberapa masalah tentang tema pembelajaran dan siswa diberikan kebebasan untuk menemukan sendiri konsep-konsep yang akan dipelajari melalui berpikir kritis yang nantinya akan menjadi life skill bagi mereka. Discovery learning merubah kondisi belajar pasif menjadi aktif kreatif, Anak diberi kebebasan untuk mengeksplorasi, aktif menciptakan, dan menggeneralisasi pengetahuannya. Melalui strategi ini anak diharapkan dapat menjadi problem solver, sehingga mampu menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

Author Biography

Siti Munawarah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Pendidikan Islam Anak Usia Dini 

References

Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Cetakan ke-4. PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Akif Khilmiyah. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. I. Samudra Biru, n.d.

Ariyanti, Tatik. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance of Childhood Education for Child Development” 8, no. 1 (2016): 9.

Aryani, Titi. “Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Kosakata pada Siswa Kelas B2 TK Mutiara Insani Bandar Lampung.” Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra 2, no. 1 (September 4, 2020): 69–80.

Eliwarti. “Penerapan Strategi Penemuan Terbimbing untuk Meningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 1 (June 10, 2016). Accessed August 20, 2021. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/3688.

Hasanah, Uswatun. “Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23, no. 2 (February 28, 2019): 204–222.

Huliyah, Muhiyatul. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini” (2016): 12.

Kusuma, Tesya Cahyani. “Peningkatan Kemampuan Pengukuran dalam Matematika Awal Melalui Metode Discovery Learning.” . Vol 1 (n.d.): 7.

Mulyasa. Strategi Pembelajaran PAUD. 1st ed. PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Musdalifah, Musdalifah, Muhammad Anas, and Sadaruddin Sadaruddin. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Metode Discovery Pada Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Mario.” TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (June 1, 2020): 42.

Priyanto, Aris. “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain,” no. 02 (2014): 7.

Ratna Pangastuti. Edutaintment PAUD. 1st ed. Pustaka Pelajar, 2014.

Roestiyah N.K. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta, 2012.

Saripudin, Aip, and Isnaeni Yuningsih Faujiah. “Strategi Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD (Studi Kasus pada TK di Kota Cirebon).” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 1 (March 30, 2018): 129.

Trenggonowati, Dyah Lintang, and Kulsum Kulsum. “Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus di Kota Cilegon.” Journal Industrial Servicess 4, no. 1 (October 1, 2018). Accessed June 10, 2021. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jiss/article/view/4088.

Uce, Loeziana. “Masa Efektif Merancang Kualitas Anak” (n.d.): 16.

Wulandari, Hayani. “Pembelajaran Tari Anak-Anak dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Mahasiswa PGPAUD Kampus UPI di Purwakarta” (n.d.): 12.

Yuliani nurani sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. indeks, 2013.

Downloads

Published

2021-10-08