Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.56633/kaisa.v1i2.274Keywords:
application, google classroom, learning motivationAbstract
This is the qualitative study discusses the use of Google Classroom as a learning medium to increase learning motivation. The problem is that face-to-face or offline learning is less effective so the student learning motivation is not increased optimally. The purpose of this study is to determine the increase in learning motivation. All data were collected through observation, interviews, and documentation techniques. The results show that using Google Classroom is very helpful in increasing students' learning motivation. It makes the students more enthusiastic and active in attending lectures and discussions, they are also free to express their opinions and improve their thinking skills to solve some problems related to the material being studied.
Ini adalah kajian kualitatif yang membahas tentang penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar, permasalahannya karena perkuliahan tatap muka kurang efektif sehingga motivasi belajar mahasiswa tidak maksimal. Tujuan dalam kajian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, terutama dalam pembelajaran. Motivasi yang meningkat menjadikan mahasiswa semangat dalam mengikuti perkuliahan. Google Classroom memberikan wawasan serta pengalaman dalam proses belajar mengajar. Mahasiswa sangat aktif dan antusias dalam mengikuti perkuliahan dan diskusi, mahasiswa juga bebas menyampaikan pendapat serta mengasah kemampuan berpikir dalam menyelesaikan masalah terkait materi yang dipelajari.
References
Baser, Afdhal dan Fahmi Rizal. Dampak Positif Penggunaan Google Classroom terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 5, no. 1 (April 25, 2021).
Alvina evarista Longa, Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Google Classroom di Tengah Pandemi, Jurnal ekonomi, Sosial dan Humaniora 2 no. 5 (Desember, 2020).
Fitra, Awaludin, Martua Sitorus, Dedi Candro Parulian Sinaga, and Endra A. P. Marpaung. “Pemanfaatan Dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP.” Jurnal Pengabdi 3, no. 2 (October 29, 2020).
Hamzah B. Uno, Teori Motivasi Dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008),
Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.
———. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. Pengantar Teknologi Informasi Internet : Konsep dan Aplikasi. ANDI, 2007.
Palupi, Ratih Endang, and Rini Endah Sugiharti. “hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa.” Pedagogik (jurnal pendidikan sekolah dasar) 2, no. 2 (September 25, 2014).
Suryosubroto,“Proses Belajar Mengajar Di Sekolah OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Accessed September 24, 2021.
Wahab, Rohmalina. “Psikologi Belajar, OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Accessed September 24, 2021.
Salamah, Wiladatus. “Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 4, no. 3 (November 27, 2020)
Sardiman, A. M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2012.
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).
Solso, Robert L. Psikologi Kognitif/ Robert L.Solso. Erlangga, 2017.
Sumantri, Mohamad Syarif, “Strategi Pembelajaran : Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar
Sumantri. Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik DiTingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Press, 2015.
Thomas, Partono, and Khasan Setiaji. “E-Learning Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa,” 2014.
Uno, H. B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Wahab, R. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Wiladatus, Salamah. “Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Proses Pembelajaran,” 2020.
Yazdi, Mohammad. “E-learning sebagai media pembelajaran interaktifberbasis teknologi informasi.” Foristek : Forum Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi 2, no. 1 (May 31, 2012).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tuti Nuriyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).