Penanaman Nilai dan Pembentukan Sikap pada Anak Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Keluarga

Authors

  • Supardi Ritonga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Keywords:

values, attitudes, exemplary, habituation

Abstract

Family is an institution that has an important role in the physical and mental development of children. The parents are also the main educators in instilling values and forming attitudes in their children. The purpose of this article is to describe the process of instilling values and determining the attitude of children in the family using exemplary and habituation methods. From the results of the discussion of this article, it can be concluded that an effective method in instilling values and forming attitudes in children is exemplary and habituation. Through these two methods, parents are expected to be able to form attitudes and instill values in accordance with the norms that exist in the teachings of Islam.

Keluarga merupakan institusi yang mempunyai peran penting dalam perkembangan fisik dan mental anak. Orangtua juga sebagai pendidik utama dalam penananaman nilai dan pembentukan sikap pada anak-anaknya. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai dan pembentukan sikap anak dalam keluarga menggunakan metode keteladan dan pembiasaan. Dari hasil pembahasan artikel ini dapat disimpulkan bahwa metode yang efektif dalam menanamkan nilai dan membentuk sikap pada anak adalah keteladanan dan pembiasaan. Melalui kedua metode ini, orang tua diharapkan bisa membentuk sikap dan menanamkan nilai sesuai dengan norma-norma yang ada dalam ajaran agama Islam.

Author Biography

Supardi Ritonga, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Pendidikan Agama Islam

References

Abdurahman An-Nahlawi. Bandung: CV Diponegoro, 1999.

Al-Syaibany. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

An-Nahlawi, A. Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah, Dan Masyarakat. ( Jakarta: 1996), h.263. Jakarta: Gema Insan Pers, 1996.

Arief, A. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Hasyim, A. . . U. (2004). Menjadi Muslim Kafah : Berdasarkan Al Quran Dan Sunnah Nabi SAW. (: ,2004),h.29. Jogjakarta: Mitra Pustaka, 2004.

Husein Muhammad Yusuf. Keluarga Muslim Dan Tantangannya, Terj. A. Salim Basyarahil. Jakarta: Gema Insani Press, 1999.

Jujun Sumantri,. et.all. Tradisi Baru Penelitian Agama Islam. Bandung: Nuansa, 2001.

Lexy J Moloeng. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya, 1989.

Muhammad Fazlurrahman Ansari. Konsepsi Masyarakat Islam Modern, Terj. Juniarso Ridwa. Bandung: Risalah, 2004.

Muhammad Khoiruddin. “Pendidikan Sosial Berbasis Tauhid Dalam Perspektif Al-Qur’an.” APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 18, no. 1 (2018): 51–61.

Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Quran. , Al-Quran Dan Terjemahnya, (Bandung: , 2005), Hlm. 448. Bandung: Diponegoro, 2005.

Downloads

Published

2021-12-17