Konsep Tentang Belajar Dalam Al-Quran (Studi Implementasi Konsep Belajar Menurut Al-Qur’an pada SMA Islam As-Shofa Pekanbaru)

Authors

  • dar bi UIN SUSKA RIAU

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v2i1.340

Keywords:

implementasi, Konsep Belajar, Al-Qur’an

Abstract

ABSTRAK

Dalam perspektif Islam, makna belajar bukan hanya sekedar upaya perubahan perilaku. Konsep belajar dalam Islam merupakan konsep belajar yang ideal, karena sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an dan Hadis. Belajar dalam perspektif al-Quran setidaknya dapat didekati dengan tiga term atau istilah: yaitu tarbiyah, al- ilm, dan tafaqquh fiddin. Tarbiyah bermakna menyampaikan sesuatu sampai menuju titik kesempurnaan sedikit demi sedikit. Al-Ilm menunjukkan arti proses mental untuk mencapai pengetahuan yang identik dengan pengertian belajar dan pengajaran. Tafaqquh fiddin mempunyai arti memperdalam ilmu agama.

Implementasi konsep belajar dalam Al-Qur’an di SMA Islam Ash-Shopa Peknabaru sngat bait. Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran selalu dikaitkan dengan nilai-nilai Islam dengan integrasi agama dan sains yang tertuang dalan visi, misi, dana tujuan lembaga. Pengembangan nilai-nilai pragmatis bagi keunggulan sekolah dengan tetap berbalut pada asas nilia-nilai ilahiah yang bersumber pada Al-Qur’an.

References

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005

Al-Ghazzali, Ihya’ ‘Ulumuddin, diterjemahkan oleh Mohd. Zuhri, Muqoffin Muctar, Muqorrobin Misbah, Semarang: Penerbit Asy Syifa, 2003

Ardi Efferi, Materi Dan Pembelajaran Qur’an Hadist Mts-MA. Kudus: STAIN Kudus, 2009

Az-Zarnuji, Ta`lim al-Muta`allim, Ter. Aliy As`ad,Kudus: Manara Kudus, 1978 Fuad Nashori, Psikologi Islami Agenda Menuju Aksi. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar, 1997

Muhammad Nasib Ar-Rifa’i, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir (terj.). Depok: Gema Insani Press, 1989, h. 485

Naskah Rencana Strategi SMA Islam As-Shofa Pekanbaru Tahun 2020-2025 Ranu Nada Irfani, Konsep Teori Belajar dalam Islam Perspektif Al-Qur’an dan

Hadis, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 1 (2017) 212-223

Said Sabiq, Fiqih Sunnah, Jilid I, Jeddah: Al-Khidmatul Hadistah, 1365 H.

Downloads

Published

2022-06-30