Konsep Tentang Belajar Dalam Al-Quran (Studi Implementasi Konsep Belajar Menurut Al-Qur’an pada SMA Islam As-Shofa Pekanbaru)
DOI:
https://doi.org/10.56633/kaisa.v2i1.340Keywords:
implementasi, Konsep Belajar, Al-Qur’anAbstract
ABSTRAK
Dalam perspektif Islam, makna belajar bukan hanya sekedar upaya perubahan perilaku. Konsep belajar dalam Islam merupakan konsep belajar yang ideal, karena sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an dan Hadis. Belajar dalam perspektif al-Quran setidaknya dapat didekati dengan tiga term atau istilah: yaitu tarbiyah, al- ilm, dan tafaqquh fiddin. Tarbiyah bermakna menyampaikan sesuatu sampai menuju titik kesempurnaan sedikit demi sedikit. Al-Ilm menunjukkan arti proses mental untuk mencapai pengetahuan yang identik dengan pengertian belajar dan pengajaran. Tafaqquh fiddin mempunyai arti memperdalam ilmu agama.
Implementasi konsep belajar dalam Al-Qur’an di SMA Islam Ash-Shopa Peknabaru sngat bait. Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran selalu dikaitkan dengan nilai-nilai Islam dengan integrasi agama dan sains yang tertuang dalan visi, misi, dana tujuan lembaga. Pengembangan nilai-nilai pragmatis bagi keunggulan sekolah dengan tetap berbalut pada asas nilia-nilai ilahiah yang bersumber pada Al-Qur’an.
References
Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012
Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005
Al-Ghazzali, Ihya’ ‘Ulumuddin, diterjemahkan oleh Mohd. Zuhri, Muqoffin Muctar, Muqorrobin Misbah, Semarang: Penerbit Asy Syifa, 2003
Ardi Efferi, Materi Dan Pembelajaran Qur’an Hadist Mts-MA. Kudus: STAIN Kudus, 2009
Az-Zarnuji, Ta`lim al-Muta`allim, Ter. Aliy As`ad,Kudus: Manara Kudus, 1978 Fuad Nashori, Psikologi Islami Agenda Menuju Aksi. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 1997
Muhammad Nasib Ar-Rifa’i, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir (terj.). Depok: Gema Insani Press, 1989, h. 485
Naskah Rencana Strategi SMA Islam As-Shofa Pekanbaru Tahun 2020-2025 Ranu Nada Irfani, Konsep Teori Belajar dalam Islam Perspektif Al-Qur’an dan
Hadis, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 1 (2017) 212-223
Said Sabiq, Fiqih Sunnah, Jilid I, Jeddah: Al-Khidmatul Hadistah, 1365 H.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 dar bi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).