Studi Tentang Isi Atau Materi Pendidikan Dalam Al-Qur’an Serta Implementasinya Di Madrasah Tsanawiyah Irsyadul Islamiyah Kabupaten Rokan Hilir
DOI:
https://doi.org/10.56633/kaisa.v2i1.343Keywords:
Implementasi, Isi, Materi, Al-Qur’anAbstract
Klasifikasi pengetahuan itu ialah pengetahuan yang diwahyukan (Naqli/bersifat agamis) dan pengetahuan yang diperoleh (Aqliyyun/ilmu keduniaan umum). Misi para nabi adalah mengajarkan tiga hal penting. Ketiga hal ini harus diprioritaskan atas hal-hal yang lainnya dan hendaknya ketiga hal tersebut adalah pelajaran pertama yang diterima oleh anak didik. Ketiga hal tersebut merupakan intisari dari materi pendidikan dalam Al-Qur’an. Ketiganya adalah: tauhid, iman kepada hari akhir, dan menyeru kebaikan. Konsep isi atau materi dalam pendidikan ini telah menjadi konten dalam kurikulum yang di jalankan oleh MTs. Irsyadul Islamiyah Penyelenggaraan pendidikan formal yang dijalankan berasas integrasi Islam dan sains dengan fokus pengembangan karakter yang kuat bagi generasi muda Islam.
References
A. Mujab Mahali, 1986, Insan Kamil dalam Kaca Pandang Rasulullah, Yogyakarta: BPFE
Abu Anwar, 2009, Ulumul Qur’an, Jakarta: Amzah
Ahmad al- Syirbashiy, 1962, Qishshat al- Tafsir, Kairo Mesir: Dar al- Qalam
Al-Raghib al-Ashfahani, Mu'jam Mufradat Alfazh al-Quran, Beirut: Dar al- Fikr,
Al-Zamakhsyari.al-Kasysyaf ‘an Haqaiq al-Tanzil wa ‘Uyun al-Aqawil fi Wujuh al-Ta’wil, Al-Mufrodaat
Danial Zainal Abidin, 2008, Tips-tips cemerlang dari al- Qur‟an, Jakarta: Mizan Publika
Husain Afandi al-Jasr, tt. Theologi Islam, terj. Abdai Rathami, Bandung: Al-Ma’arif
Imam Taufiq, 2016, Al-Quran bukan kitab teror, Jakarta: Bentang Pustaka,
Muhammad Syahrur, Al-Kitab wa Al-Quran: Qiraah Mu'ashirah, Damaskus: Al-Ahall li al-Thiba'ah wa al-Nasyar wa al-Tawzi', t. th.
Mahmud Yunus, 1969, Tafsir al- Qur’an al- Karim Juz 1, Jakarta: Hidakarya Agung
Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jazairy, 2014, Minhajul Muslim Pedoman Hidup Harian Seorang Muslim, Jakarta: Ummul Quran
Muhammad Sayyid Thanthawi, 1997, At-Tafsir Al-Washit, Juz I, Kairo: Nahdah Al-Misr.
Munzir Hitami, 2001, Rekonseptualisasi Pendidikan Islam, Pekanbaru: Susqa Press
Ramayulis, 2012, Ilmu pendidikan Islam, cetakan kesembilan, Jakarta: Kalam Mulia.
Saeful Malik, Ridho Menjadikan Allah sebagai Tuhan, dalam http://serbaadacom.blogspot.com/2018/10/ridho-menjadikan-allah-sebagai-tuhan.html diakses pada tanggal 12 September 2021
Sitti Trinurmi, Hakekat Dan Tujuan Hidup Manusia Dan Hubungannya Dengan Tujuan Pendidikan Islam, Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Volume 2, Nomor 1 Desember 2015, UIN Aluddin Makassar
Syekh Ahmad Musthafa Al-Maraghi, 1986, Tarjamah Tafsir Al-Maraghi, Yogyakarta: Sumber Ilmu.
Umar Muhammad at Tuumiy asy Syaibani, 1975, Falsafah at Tarbiyyah al Islamiyyah, Tripoli: al Syarikah al ‘Ammah li an Nasyr wa Tauzi’ wal al i’lan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 siti halimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).