Studi Tentang Isi Atau Materi Pendidikan Dalam Al-Qur’an Serta Implementasinya Di Madrasah Tsanawiyah Irsyadul Islamiyah Kabupaten Rokan Hilir

Authors

  • siti halimah

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v2i1.343

Keywords:

Implementasi, Isi, Materi, Al-Qur’an

Abstract

Klasifikasi pengetahuan itu ialah pengetahuan yang diwahyukan (Naqli/bersifat agamis) dan pengetahuan yang diperoleh (Aqliyyun/ilmu keduniaan umum). Misi para nabi adalah mengajarkan tiga hal penting. Ketiga hal ini harus diprioritaskan atas hal-hal yang lainnya dan hendaknya ketiga hal tersebut adalah pelajaran pertama yang diterima oleh anak didik. Ketiga hal tersebut merupakan intisari dari materi pendidikan dalam Al-Qur’an. Ketiganya adalah: tauhid, iman kepada hari akhir, dan menyeru kebaikan.  Konsep isi atau materi dalam pendidikan ini telah menjadi konten dalam kurikulum yang di jalankan oleh MTs. Irsyadul Islamiyah Penyelenggaraan pendidikan formal yang dijalankan berasas integrasi Islam dan sains dengan fokus pengembangan karakter yang kuat bagi generasi muda Islam.

References

A. Mujab Mahali, 1986, Insan Kamil dalam Kaca Pandang Rasulullah, Yogyakarta: BPFE

Abu Anwar, 2009, Ulumul Qur’an, Jakarta: Amzah

Ahmad al- Syirbashiy, 1962, Qishshat al- Tafsir, Kairo Mesir: Dar al- Qalam

Al-Raghib al-Ashfahani, Mu'jam Mufradat Alfazh al-Quran, Beirut: Dar al- Fikr,

Al-Zamakhsyari.al-Kasysyaf ‘an Haqaiq al-Tanzil wa ‘Uyun al-Aqawil fi Wujuh al-Ta’wil, Al-Mufrodaat

Danial Zainal Abidin, 2008, Tips-tips cemerlang dari al- Qur‟an, Jakarta: Mizan Publika

Husain Afandi al-Jasr, tt. Theologi Islam, terj. Abdai Rathami, Bandung: Al-Ma’arif

Imam Taufiq, 2016, Al-Quran bukan kitab teror, Jakarta: Bentang Pustaka,

Muhammad Syahrur, Al-Kitab wa Al-Quran: Qiraah Mu'ashirah, Damaskus: Al-Ahall li al-Thiba'ah wa al-Nasyar wa al-Tawzi', t. th.

Mahmud Yunus, 1969, Tafsir al- Qur’an al- Karim Juz 1, Jakarta: Hidakarya Agung

Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jazairy, 2014, Minhajul Muslim Pedoman Hidup Harian Seorang Muslim, Jakarta: Ummul Quran

Muhammad Sayyid Thanthawi, 1997, At-Tafsir Al-Washit, Juz I, Kairo: Nahdah Al-Misr.

Munzir Hitami, 2001, Rekonseptualisasi Pendidikan Islam, Pekanbaru: Susqa Press

Ramayulis, 2012, Ilmu pendidikan Islam, cetakan kesembilan, Jakarta: Kalam Mulia.

Saeful Malik, Ridho Menjadikan Allah sebagai Tuhan, dalam http://serbaadacom.blogspot.com/2018/10/ridho-menjadikan-allah-sebagai-tuhan.html diakses pada tanggal 12 September 2021

Sitti Trinurmi, Hakekat Dan Tujuan Hidup Manusia Dan Hubungannya Dengan Tujuan Pendidikan Islam, Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Volume 2, Nomor 1 Desember 2015, UIN Aluddin Makassar

Syekh Ahmad Musthafa Al-Maraghi, 1986, Tarjamah Tafsir Al-Maraghi, Yogyakarta: Sumber Ilmu.

Umar Muhammad at Tuumiy asy Syaibani, 1975, Falsafah at Tarbiyyah al Islamiyyah, Tripoli: al Syarikah al ‘Ammah li an Nasyr wa Tauzi’ wal al i’lan

Downloads

Published

2022-09-30