Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Di Saudi Arabia (Arab Saudi)
DOI:
https://doi.org/10.56633/kaisa.v2i1.350Keywords:
Kebijakan, Pendidikan Islam, SAUDI ARABIAAbstract
Kemampuan melihat kedalam dirinya sendiri, telah menyadarkan umat Islam akan kondisi ketertinggalan peradaban dari bangsa Barat. Pada akhirnya ditemukan penyebab keterpurukan itu adalah keharusan perbaikan pola pikir melalui proses pendidikan yang terintergrasi antara Islam dan sains. Kamajuan pemikiran dengan penuh kesadaran didunia Islam ini terutama lahir di wilayah Saudi Arabia. Pelopor pemikiran modern itu diawali di negara Mesir dan Turki yang berjunag keras keluar dari kejumudan. Upaya ini akhirnya juga mendorong negara lainnya di kawasan Timur Tengah untuk ikut mengembangkan sistem pendidikan ke arah yang lebih modern, termasuk di Saudi Arabia. Maka lahirlah tokoh-tokoh pembaharuan di Saudi Arabia, diantaranya yang sangat berpengaruh adalah konsep pemikiran Ibn Taimiyah, dan gerakan Muhammad Ibn Abd Wahab yang pada akhirnya terdapat sebuah gerakan komunitas agama, sosial, dan politik Wahabiah. Tidak lupa juga peran dua raja di era modern yakni gebrakan pembaharuan sistem pendidikan oleh Raja Faisal Ibn Abd Al Aziz dan Raja Abdullah. Hasilnya saya ini Saudi Arabia termasuk negara yang maju dan modern dalam penyelenggaraan sistem pendidikannya. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu gencar dilakukan pemerintah dengan pembaharuan diseluruh jenjang pendidikan tidaklah meninggalkan dasar keislaman yakni ketauhidan yang bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah. Inilah keunggulan pendidikan di Saudi Arabia yang patut dipedomani oleh negara lain yang memiliki penduduk mayoritas Islam termasuk negara kita Indonesia.
References
Ali Mafrodi, Islam Kawasan Kebudayaan Arab. Cet. I. Jakarta: Logos, 1997
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
Belgrami, Hamid Hasan, dan Asyraf, Ali Said, The Concept of University, terj.
Machnun Husein. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989
Debi Fajrin Habibi, Modernisasi Pendidikan Islam Di Timur Tengah (Studi Kawasan Mesir Dan Turki), Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam,
Vol. 4, No. 2, September 2018
https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-timur-tengah-middle-east/ diakses pada 25 September 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 bend rawadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).