Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi

Authors

  • Fadlila Rahmalia UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v3i2.484

Keywords:

arabic language, learning, learning technology

Abstract

This article examines how technology can be utilized in the process of Arabiclearning. Many problems of learning of Arabic language in accordance with the context faced in various educational institutions, a teacher allows modification formethodsof teaching and learning. This can be done with technological developments that contain lots of information that can be used to improve learning  outcomes. Discussion about the application of technology in learning Arabic contains the question of what kind of technology that can be utilized, whether the technology can play a role in the alignment and sustainability of learning Arabic from basic to middle level, whether the technology can make learners will be more interested in learning the Arabiclanguage, whether the technology can create realization and relevance to what the students perceived, whether the technology can create Arabic learning media more varied that still lacks, whether the technology can improve the ability or competence of teachers in teaching Arabic, whether technology is able to take advantage of time allocation for learning Arabic, whether the technology is able to create an Arabic speaking environment. Through qualitative descriptive method, this article summarizes some of the above questions.

Artikel ini mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Masalah pembelajaran bahasa Arab yang berbeda tergantung pada konteks di lembaga pendidikan yang berbeda, staf pengajar memungkinkan perubahan dalam metode belajar mengajar. Hal ini dapat dilakukan melalui perkembangan teknologi yang mengandung kekayaan informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Pembahasan penerapan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab meliputi pertanyaan seperti: bentuk teknologi apa saja yang dapat digunakan, apakah teknologi dapat berperan dalam keserasian dan keberlangsungan pembelajaran bahasa Arab dari SD hingga SMA, apakah teknologi dapat merangsang minat belajar bahasa siswa. Bahasa Arab, teknologi dapat menciptakan pemahaman dan makna bagi perasaan siswa, teknologi dapat menciptakan lingkungan belajar bahasa Arab yang lebih fleksibel, yang kekurangan waktu yang dihabiskan untuk belajar bahasa Arab, teknologi dapat menciptakan lingkungan bahasa Arab. Artikel ini membahas beberapa masalah di atas melalui deskripsi kualitatif.

 

References

Ahsanuddin, Mohammad, Pemanfaatan CD Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak (ALA).Makalah, 2004

----------------, Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Dalam: Al-Arabi, III (I): 1-13. 2005

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

Asmani, Jamal Ma’mur, Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pndidikan, DIVA Press, Yogyakarta, 2011

Kholidah, Lilik Nur, Dampak Globalisasi Terhadap Tugas Dan Tanggungjawab Kependidikan, Makalah, 2001

Gani, Lilik, Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Akses, Mutu dan Relevansi Pendidikan di Indonesia, Bandung. Disampaikan pada Seminar

Nasional dan Kolokium Teknologi Pendidikan di Bandung (04-05 Desember 2008)

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Mustofa, Bisri, dan Hamid, H.M. Abdul, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, UIN Press, Malang, 2012

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Richey, R.C, Reflections on the 2008 AECT Definitions of the Field. TechTrends, 2008

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Sudirman, Siahaan, Tips bagi Guru dalam Memanfaatkan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran. (on-line), (www.e-dukasi.net) 2008

Syanab, A., & Maysa'. “Tiknulujiya Ta’allum alLughah al-‘Arabiyah”. Journal alAdab wa al-Tarbiyah, Vol.2,No.32 2007.

Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pemanfaatan+teknologi+dalam+pembelajaran+bahasa+arab&btnG=#d=gs_qabs&t=1672041033588&u=%23p%3D1M2NR8BfJwQJ

https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/article/view/335

http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/514/473

https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/14

https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/tarib/article/view/588/681

Published

2023-12-31