Pengaruh lingkungan dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Rizqi Amelia UIN SALATIGA
  • Warda Khiyarotunnisa UIN Salatiga
  • Safira Nurul Adillia UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v3i1.486

Keywords:

environment, education, character

Abstract

The environment is a place where there is a reciprocal process with each other and with society where a complex system occurs. In the environment there are all humans, animals, and plants or objects made by humans themselves. Both biotic and abiotic things. The environment is a place where all natural events can develop. From the environment we can get the values of life. However, not all values contained in the environment have a positive influence, they can also have a negative influence. In the world of education the role of the environment is very large. The environment is the place where the educational process is first recognized by students. The family environment is the environment that is first recognized by students, then students get to know the school environment and also the community environment. In the world of environmental education plays a role in shaping the personality of students. In the process of forming the personality of students, the social environment and the natural environment play an important role. Problems that arise in the environment cannot be ignored by anyone, especially parents, teachers or educators in general. The environment is a place for students to develop themselves and form their own character through various activities held both in the family environment, school environment and community environment. Therefore, parents, teachers and other educators must be selective in determining the environment as a means of self-development of students.

Lingkungan adalah tempat dimana terjadinya proses timbal-balik satu sama lain dan dengan masyarakat dimana disitu terjadi suatu system yang kompleks. Di lingkungan semuanya ada baik manusia,hewan,maupun tumbuhan atau benda yang dibuat oleh manusia itu sendiri. Baik benda biotik maupun abiotik. Lingkungan adalah tempat dimana semua kejadian alam bisa berkembang. Dari lingkungan kita bisa mendapat nilai nilai kehidupan. Akan tetapi tidak semua nilai nilai yang terkandung di lingkungan memberi pengaruh positif bisa juga memberikan pengaruh negative. Didalam dunia Pendidikan peran lingkungan sangatlah besar. Lingkungan adalah tempat dimana proses Pendidikan pertama kali dikenal oleh peserta didik. Lingkungan keluarga adalah lingkungan yang pertama kali dikenal oleh peserta didik,kemudian peserta didik mengenal lingkungan sekolah dan juga lingkungan masyarakat. Dalam dunia Pendidikan lingkungan berperan dalam membentuk kepribadian peserta didik. Didalam proses pembentukan kepribadian peserta didik lingkungan sosial dan lingkungan alam sangatlah berperan penting. Masalah yang timbul dalam lingkungan tidak bisa di abaikan oleh siapa pun,khususnya bagi orang tua, guru, atau pendidik pada umumnya. Lingkungan adalah wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan diri dan membentuk karakter diri melalui berbagai kegiatan yang diadakan baik dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Oleh karena itu orang tua,guru,maupun pendidik lainnya harus bisa selektif dalam menentukan lingkungan sebagai sarana dalam pengembangan diri peserta didik.

References

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Framanta, G, M. 2020. Pengaruh lingkungan terhadap kepribadian anak. Jurnal Pendidikan konseling. vol. 2, No. 1 2020.

Idris, Ridwan. 2020. APbn Pendidikan dan mahalnya biaya Pendidikan, Lentera Pendidikan, vol. 13 No.1 Juni 2010 : 92-100.

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Ramdani Muhammad Ali. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam implementasi Pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. vol. 08. No.01 :2014 : 28-27.

Muslimin, T.A. & Kartiko, A. 2020. Pengaruh sarana dan prasarana terhadap mutu Pendidikan di madrasah bertaraf internasional Nurul ummah Mojokerto. Munaddhomah : Jurnal Manajemen Pendidikan islam, 1 (2), 75-87.

Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). Teaching Arabic By Using Elective Method To Improve Students Reading Skill At The National High School Diniyah Putri In Pekanbaru. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.

Normina, 2016. Partisipasi masyarakat dalam Pendidikan ittihaj. Jurnal kopersitas wilayah IX Kalimantan, vol. 14. No. 26 Oktober 2016

Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.

Prasetyo, K.B &Rahmasas, D. 2016. Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa, Jurnal penelitian Psikologi., vol. 07. No. 01, 1-9.

Fadhu, Muhammad. 2017. Manajemen peningkatan mutu Pendidikan. Jurnal studi manajemen Pendidikan vol.1, No. 02,2017 STAIN Curuo – Bengkulu.

Novrian, Satria Perdana. 2018. Implementasi peranan ekosistem Pendidikan dalam penguatan Pendidikan karakter peserta didik. Jurnal Refleksi edukatika vol.02. No. 185.

Fita, Sukiyani, & Zamroni. 2014. Pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. Jurnal Ilmu-ilmu sosial. Vol. 11, No. 1 57-7.

Dimerman, S. 2009. Character is the key: How to Unlock the Best in our Children and Our- selves. Mississauga, Canada: John wiley & Sons Canada.

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.

Published

2023-06-30