Analisis Proses Intregrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab Pada Masa Covid 19

Authors

  • Rahmawati Dwi Lestari

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v3i2.491

Keywords:

value spiritual, knowledge, skill value

Abstract

 

Teaching and learning activities take place online due to the covid 19 pandemic. This also cause character education to be less than optimal. Therefore, the purpose of this discussion is to find out to what extent character education is applied In learning during covid 19 pandemic. This research uses literature review or library research and descriptive approach and the method used is the data collection method or by qualitative data analysis in the form of data reduction, data presentation and drawing conclusions from several journal and articles. The results of the research show the values applied by the teacher in the from of sosial spiritual values , knowledge value, skill value however

 

Kegiatan belajar mengajar  berlangsung secara  daring di karenakan pandemi covid 19. Hal ini juga menyebabkan pendidikan karakter menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pendidikan karakter itu di terapkan dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka atau library research dan pendekatan deskriptif serta metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data  atau dengan  analisis data kualitatif berupa reduksi data , penyajian data  dan penarikan kesimpulan  yang bersumber dari beberapa jurnal dan artikel. Hasil penelitian menunjukkan nilai nilai yang di terapkan para pengajar berupa nilai sosial, nilai spiritual, nilai pengetahuan, nilai keterampilan.

References

Alex Aghbola, and Kaun Chen Tsai. “Bring Character Education into Classroom.” European Journal of Educational Research 1, no. 2 (2012). https://doi.org/10.12973/eu-jer.1.2.163.

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

Bagong Suyanto, and Sutinah. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media, 2007.

Binti Maunah. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter4, no. 1 (2015). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615.

Direktur Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI 2015. Buku Siswa Bahasa Arab. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2015.

Fadil Purnama Adi. “Arah Pendidikan Karakter Pancasila Era Pandemi Covid-21.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia); Jurnal Ilmiah Pendidikan 6, no. 3 (2020). https://doi.org/10.20961/jpi.v6i3.45503.

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Hafid, Anwar. Dkk. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Kesuma, Dharma. Dkk. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lampiran Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah (Pengembangan Implementasi Kurikulum di Madrasah) (2019).

Larry.P Nucci, and Darcia Navaes. Handbook of Moral Character Education. New York: Routledge, 2008.

Lixiang Yan, Alexander Whitelock-Wainwright, and Quanlong Guan. “Student’s Experience of OnlineLearning During Covid-19 Pandemic: A Province-Wide Survey Study.” BERA: British Journal of Educational Technology52, no. 5 (2021). https://doi.org/10.1111/bjet.13102.

Maksudin. Pendidikan Akhalak Tasawuf Dan Karakter Integratif. Yogyakarta: Samudra Biru, 2017.

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). Teaching Arabic By Using Elective Method To Improve Students Reading Skill At The National High School Diniyah Putri In Pekanbaru. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.

Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.

Pambudi, Thoyib Panji. 2014. ‚Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Seyegan Tahun Ajaran 2013/2014‛, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.

Samani, Muchlas. dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.

Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, edisi Ke-4.

Sukiyat. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Sumatera Selatan: CV. Jakad Media Publishing, 2020.

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2005 – 2025 (2007).

YusufHanafi, Ahmad Taufiq, Muhammad Saefi, and M. Alifudin Ikhsan. “The New Identity of Indonesian Islamic Boarding Schools in the ‘New Normal’: The Education Leadership Response to COVID-21.Heliyon 7, no. 3 (n.d.). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06549.

Zainal Arifin. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 20111.

Published

2023-12-31