Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Materi Keputusan Bersama Kelas V Di Sdn Pekayon Jaya V Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.56633/kaisa.v2i2.594Keywords:
cooperative learning model, learning outcomes, joint decisionsAbstract
Kurangnya inisiatif keaktifan siswa Kelas V SDN Pekayon Jaya V dalam mata pelajaran PKn menyebabkan nilai yang masih jauh dari tingkatan KKM. Maksud dari analisis penelitian yang saya lakukan ialah untuk meninjau peningkatan hasil belajar para siswa dalam materi keputusan bersama dengan metode memainkan peran melalui model pembelajaran kooperatif. Metode yang dikenakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga bulan Oktober, subjek analisis penelitian yang dibutuhkan yakni sebanyak 23 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Sifat yang digunakan untuk prosedur penelitian ini adalah siklus yang terbagi menjadi dua (2) siklus. Kedua siklus mempunyai 4 tahap yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sistem akumulasi data mengombinasikan antara ujian formatif dengan tinjauan lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan ialah bahwa model pembelajaran kooperatif bisa memaksimalkan hasil belajar siswa dalam materi keputusan bersama, dibandingkan dari model pembelajaran lainnya. Presentase pada ketuntasan hasil belajar siswa telah memperoleh kenaikan yang relevan setelah dilaksanakan pembaruan pada pembelajaran, pada hasil sebelum pembaruan pembelajaran terdapat 8 siswa atau 34,78% dari 23 siswa. Pembelajaran siklus I mengalami peningkatan, siswa dengan nilai 75 keatas sebanyak 18 siswa atau 78,26% dari 23 siswa, dan saat pembaruan siklus II jadi 23 siswa atau 100% dari 23 siswa.
References
Agustina, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 78–90. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9424
Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). BIJEE : Bima Journal of Elementary Education. 1(1), 1–7.
Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.
Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.
Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.
Halik, A., Ilmi, N., & Erawaty, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2), 122–129. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.7
Utami, R., Mustakim, N., Taufiq, A., Rahmi, S., Sanwil, T., Febrianingsih, D., ... & Surur, M. (2021). Media pembelajaran bahasa arab. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Mufidah, Z., Azizah, N., & Saputra, E. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Fishbowl dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 67–79. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i1.3878
Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.
Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). TEACHING ARABIC BY USING ELECTIVE METHOD TO IMPROVE STUDENTS READING SKILL AT THE NATIONAL HIGH SCHOOL DINIYAH PUTRI IN PEKANBARU. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.
Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.
Panjaitan, C. D., & Sinambela, P. N. J. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 5(2), 5016–5025. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1212
Purwaty, R., Marlina, M., & Fitrianti, H. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 245–254. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1362
Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.
Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).
Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.
Rukmana, I., Khoimatun, K., & Sugiro, H. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Model Cooperative Script pada Siswa Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 584–588. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2125
Al Asadullah, S., & Nurhalin, N. (2021). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kemampuan Berfikir Kritis Generasi Muda Indonesia. Kaisa: Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 1(1), 12-24.
Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.
Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.
Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.
Wibowo, N. Z., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2022). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3792–3800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2732
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Apit Dulyapit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).