Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Santriwati Kelas 2i Di Pondok Pesantren Bequranic Bengkalis

Authors

  • Fitri Hafizah STAIN Bengkalis
  • Robiah STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v3i1.605

Keywords:

destiny method, improve memorization of the qur'an

Abstract

This type of research is descriptive qualitative, and uses field research. The data source for this research is female students in class 2I at the Bequranic Bengkalis Islamic Boarding School, consisting of 25 female students. Furthermore, data collection in this research used a proportional sampling technique and the results of data collection in this research were analyzed using qualitative data analysis techniques. Based on the research findings, it can be concluded that the results of this research are in accordance with the problem formulation. The implementation of the takrir method in improving the memorization of the Al-Qur'an for class 2I female students at the Bequranic Bengkalis Islamic boarding school is carried out at different times according to the predetermined learning schedule, starting after dawn at (04.40-06.00) WIT, after Asr at (16.00- 17.00) WIT, and after Isha' at (20.00-21.00) according to each class, with learning objectives adjusted to the vision of the Bequranic Bengkalis Islamic boarding school namely making it a fun place to learn the Qur'an with learning methods adapted to the needs of the students, learning evaluations are carried out daily, weekly and monthly. Another research finding is that there are still some students who have difficulty memorizing the Al-Quran with focus and using good methods. However, on the other hand, students become more active in studying because of the motivation and desire to continue and there are still students who are lazy about memorizing. Memorizing the Qur'an is one of Allah SWT's recommendations to increase the level and form of obedience to Allah SWT.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dan menggunakan jenis penelitian lapangan atau research field. Adapun sumber data penelitian ini adalah santriwati kelas 2I di Pondok Pesantren Bequranic Bengkalis yang terdiri dari 25  orang siswi. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik  proposive sampling  dan hasil pengumpulan data dalam penelitian ini, dianalisis melalui teknik analisa data kualitatif. Berdasarkan data temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah sesuai dengan rumusan masalah, Implementasi metode takrir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santriwati kelas 2I  di pondok pesantren Bequranic Bengkalis yaitu dilaksanakan pada waktu berbeda sesuai jadwal pembelajaran yang telah ditetapkan, dimulai setelah subuh pada pukul (04.40-06.00) wib, setelah ashar pada pukul (16.00-17.00) wib, dan setelah isya’ pada pukul (20.00-21.00) sesuai kelas maing-masing, dengan tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan visi pondok pesantren Bequranic Bengkalis yakni menjadikan tempat pembelajaran Al-Qur’an yang menyenangkan dengan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan santrinya, evaluasi pembelajaran dilaksanakan pada harian, mingguan, dan bulanan. Temuan penelitian lainnya, bahwa masih ada beberapa santri yang kesulitan dalam menghafal Al-Quran dengan fokus dan menggunakan metode yang baik. Namun, di sisi lain santri menjadi lebih giat belajar karena adanya motivasi dan keinginan untuk terus  dan masih ada siswa yang malas-malasan dalam menghafal. Menghafal Al- Qur’an sebagai salah satu anjuran Allah Swt untuk menaikkan derajat dan bentuk ketaatan kepada Allah Swt.

References

Azan, K., Nizamuddin, S. E., Sulaiman, O. K., Pebriana, P. H., Pratama, D., Abrory, M., ... & Roinah, M. P. (2021). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah; Panduan Praktis untuk Dosen, Guru dan Mahasiswa. CV. DOTPLUS Publisher.

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Fathurrohman Muhammad dan Sulistyorini, (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik, (Yogyakarta: Teras),

Hartanti, S., & Susanti, T. (2021). Usia Ideal Menikah dalam Islam; Tafsir Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 6 dan An-Nur Ayat 32. Bertuah, 2(2), 28-35.

Karim abdul halim, “Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Takrir di Pondok Pesantren” vol 4, Jurnal Obor Pemnas Pendidikan Luar Sekolah, 2021

Kemenag, Al-Qur’an QS Al-Qomar ayat 17

Mahmud yunus,(2010). Kamus Yunus, (Jakarta: PT Mahmud Yunus Wa Dzurriyah)

Majid Abdul, (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis, (Bandung: Media),

Muhammad Makmun Rasyid, Kemukjizatan Menghafal Al-Qur’an (2015) .(PT Alex Media Komputindo : Jakarta),

Muhammad Nurul Huda dan Muhammad Turhan Yani, “Pelanggaran Santri terhadap Peraturan Tata Tertib Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan”, Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol 02 Nomer 03 Tahun 2015, 740-753,(Surabaya: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya, 2015),

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Najib Khotim “Menejemen Program Tahfidz Di Sekolah Menengah Pertama”, vol 4, Jurnal

Menejemen Pendidikan, 2022.

Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). Teaching Arabic By Using Elective Method To Improve Students Reading Skill At The National High School Diniyah Putri In Pekanbaru. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.

Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.

Ramadi, Bagus (2021) Panduan Tahfizhh Quran, (Medan:Universitas Islam Negri Sumatra Utara),

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Riyaldi, R., Irawan, B., Fariq, W. M., & Kafrawi, M. (2021). Pentafsiran al-Quran dalam Bidang Akidah Menurut Dawam Rahardjo: INTERPRETATION OF THE QUR'AN IN AQIDAH MATTERS ACCORDING TO DAWAM RAHARDJO. Advances in Humanities and Contemporary Studies, 2(1), 77-87.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Saputra, doni 2021 “Implementasi Metode Tasmi’ Dan Tikrari Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al Quran Santri” Salmiya Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Vol 2 No 4,

Subhan Abdullah Acim, ,( 2022).Metode Pembelajaran Dan Menghafal Al Quran, (Bantul : Lembaga Ladang Kata)

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, cetakan ke-22 (Bandung: Alfabeta),

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Tim Penyusun, Pedoman Penulisan Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis,(Bengkalis: TP, 2022),

Ulin Nuha Mahfudhoh, Jalan Penghafal Alquran, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017)

Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.

Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode Dan Prosedur, Cetakan Ke-1(Jakarta: Kencana, 2013)

Zahro, Lailatuz , “Metode Tikrari Untuk Meningkatkan Hafalan Al Quran Di MI Al-Huda Sidorejo, Vol 2,El Bidayah Journal Of Islamic Elementary Education, 2020

Published

2023-06-30