Sejarah Penulisan Arab Melayu di Nusantara dan Hubungannya dengan Bahasa Arab: Telaah dari Kajian Pustaka

Authors

  • Denassa Melinda STAIN Bengkalis
  • Syafina STAIN Bengkalis
  • Edi Suyanto STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v4i1.611

Keywords:

history, malay arabic, archipelago, arabic

Abstract

We know how Malay Arabic writing or also known as Jawi letters in the people of Sumatra and Java, and Pegon letters in the people of East Java and Central Java, however very few people know the history of the origins of Arabic Malay writing in the archipelago (Indonesia). There are also several cases of wrong thinking in society which assumes that Malay Arabic writing and Arabic are the same, both in terms of writing and meaning. Even though the two are different, it is true that both have a connection through history and some similarities in writing, but there are still differences and each has its own characteristics. Therefore, this research aims to find out the history of Malay Arabic writing in the archipelago, which has been compiled briefly through its development, in order to increase the knowledge and love of the people, especially the Malay tribe, and then find out the relationship between Malay Arabic and Arabic from a historical perspective. This research uses a library research method which uses reading references from both libraries and online media to obtain the required information. The results of this research include the differences between Malay Arabic and Arabic from several perspectives.

Kita mengenali bagaimana tulisan Arab Melayu atau juga dikenal dengan huruf Jawi pada masyarakat Sumatera dan Jawa, dan huruf Pegon pada masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah, akan tetapi sedikit sekali yang mengetahui sejarah asal usulnya penulisan Arab Melayu di Nusantara (Indonesia) ini. Ada pula beberapa kasus pola pikir keliru di masyarakat yang menganggap bahwa tulisan Arab Melayu dan bahasa Arab itu sama, baik dari segi tulisan dan maknanya. Padahal keduanya berbeda, memang benar bahwa keduanya memiliki hubungan lewat sejarah maupun sedikit kesamaan penulisannya, akan tetapi tetap saja ada perbedaan dan masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah penulisan Arab Melayu di Nusantara yang telah disusun secara singkat lewat perkembangannya, agar menambah pengetahuan serta kecintaan masyarakat khususnya suku Melayu, kemudian mengetahui hubungan Arab Melayu dengan bahasa Arab dari sudut sejarahnya. Penelitian ini  menggunakan metode kepustakaan atau library research yang menggunakan cara menelaah referensi bacaan baik dari perpustakaan maupun media online untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Adapun hasil penelitian ini meliputi perbedaan Arab Melayu dan bahasa Arab dari beberapa perspektif.

References

Abdurrahmansyah, Abdurrahman. Pengajaran Islam Di Kesultanan Palembang Abad Ke-18 Dan 19 M. Palembang: Rafah Press, 2020.

Al Asadullah, Salahuddin. “Upaya Mengatasi Kesalahan Persepsi Masyarakat Terhadap Tulisan Arab Dan Arab Melayu Di Desa Lubuk Garam Bengkalis: Pendahuluan.” Jurnal Abdidas 2, no. 1 (2021): 142–147.

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Fathurahman, Oman. Filologi Indonesia Teori Dan Metode. Prenada Media, 2015.

Harun, Makmur Haji, Sitti Rachmawati Yahya, and Norazimah binti Zakaria. “Realisasi Tulisan Jawi Dalam Manuskrip Melayu.” Satu Kajian Kes BAB 5: Manifestasi Kepengarangan Harkat Maya dalam Menyantuni Seni Bahasa 33 melalui Tiga Tahap Akal Budi BAB 6: Nilai Positif dan Negatif dalam Bulan Islam sebagai Identiti Peradaban 44 Melayu (n.d.): 99.

Malik, Khairil, Nicolas Habibi, Milki Aan, and Neldi Narianto. “Semantik Kata Serapan Dari Bahasa Arab Dalam Kamus Arab Melayu.” Titian: Jurnal Ilmu Humaniora 6, no. 2 (2022): 264–282.

Masyruhi, Faid Yusron. “Kecenderungan Kaligrafi Islam Hiasan Mushaf Pada Musabaqah Qiroatil Qur’an (MTQ) Cabang Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ) Kabupaten Madiun Tahun 2022.” IAIN Ponorogo, 2023.

Md Bahrudin, Mohd Zul Fahmi, and Dr. Norsaleha Mohd Salleh. “Hubungan Geopolitik Dan Perdagangan Alam Melayu Dengan Dunia Arab.” International Journal of Interdisciplinary and Strategic Studies 1, no. 1 (October 18, 2020): 45–57.

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). Teaching Arabic By Using Elective Method To Improve Students Reading Skill At The National High School Diniyah Putri In Pekanbaru. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.

Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.

Otoman, S. S. “MELAYU DULU, KINI, DAN ESOK: DINAMIKA YANG BERKELANJUTAN.” Proceeding of The International Seminar on Adab and Humanities27 4, no. 1 (January 2023): 27.

Pratiwi, Yurike. “Pola Pembelajaran Aksara Arab Melayu Di Kelas Iii Mis Hm Hefni Jln. Batang Kuis Desa Dalu Xa Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2018.

Rahman, Arivaie. “Literatur Tafsir Al-Qur’an Dalam Bahasa Melayu-Jawi.” Suhuf 12, no. 1 (2019): 91–110.

Ramli, Nazratul Aini. “Faktor Kesukaran Pelajar Melayu Dalam Mengenalpasti Bunyi Huruf-Huruf Arab.” e-Jurnal Bahasa dan Linguistik (e-JBL) 3, no. 1 (2021): 31–42.

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.

Saputra, Nanda, and Nurul Aida Fitri. Teori Dan Aplikasi Bahasa Indonesia. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2020.

Sulaiman, Sabariah, Nur Hidayah Rashidi, and Teo Kok Seong. “Pengaruh Islam, Arab Dan Parsi Dalam Inovasi Sistem Tulisan Jawi: Influence of Islam, Arab and Persian in the Innovation of the Jawi Writings System.” PENDETA 6 (2015): 214–229.

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.

“Ilmu Balaghah Melayu: Isu, Prospek Dan Cabaran.” Accessed December 17, 2023. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:zcAicl93d_kJ:scholar.google.com/+Hubungan+dan+Perbedaan+Penulisan+Arab+Melayu+dan+Bahasa+Arab&hl=en&as_sdt=0,5.

Published

2024-06-30