Strategi Discovery Learning Dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Siti Alfiza STAIN Bengkalis
  • Hardiansyah STAIN Bengkalis
  • Supardi Ritonga STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v3i1.616

Keywords:

learning strategies, discovery learning, Islamic religious education

Abstract

As time goes by, human thought also develops in the world of education, every time it always shows changes. These changes are based on the latest findings, one of which is the learning strategy of discovery learning. This research aims to describe discovery learning strategies in Islamic religious education learning. The method used in this research is library research, namely by collecting data as a research reference. The results of this research are that the discovery learning strategy is a learning model where students search for the material or concepts to be studied themselves and the teacher does not provide complete information to students regarding the concepts or material to be studied. If applied in Islamic religious education learning, to produce students who are dignified and have good morals, the use of the discovery learning model in PAI learning is highly desirable, because in this model students are required to be active, discover something new, and to be trained to be confident in expressing their discoveries. as material for them when they have graduated in facing existing problems. This helps students to build their own understanding.

Seiring perkembangan zaman pemikiran manusia juga berkembang dalam dunia pendidikan, setiap saat selalu menunjukkan adanya perubahan, Perubahan itu didasarkan atas dasar temuan-temuan terbaru salah satunya adalah strategi pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) yaitu dengan mengumpulkan data-data sebagai acuan penelitian. Hasil dari penelitian ini ialah strategi pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran dimana siswa mencari sendiri materi atau konsep yang akan dipelajari dan guru tidak memberikan informasi secara utuh kepada siswa mengenai konsep atau materi yang akan dipelajari. Jika diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam Untuk menghasilkan peserta didik yang bermartabat dan berakhlaqul karimah, penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran PAI sangat diharapkan, karena dalam model tersebut siswa dituntut untuk aktif, menemukan sesuatu yang baru, dan untuk dilatih percaya diri dalam mengemukakan penemuannya, sebagai bahan mereka ketika sudah lulus dalam menghadapi permasalahan yang ada. Hal ini membantu peserta didik untuk membangun pemahamannya sendiri.

References

Azim, Fauzan, Chanifudin Chanifudin, and Supardi Ritonga. “MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AZYUMARDI AZRA DALAM BUKU PENDIDIKAN ISLAM TRADISI DAN MODERNISASI DI TENGAH TANTANGAN MILENIUM III.” JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman 3, no. 2 (2023): 255–260.

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

Echwani, Slamet. “Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas V Sekolah Dasar.” JOSSE: Journal of Social Science and Economics 2, no. 1 (2023): 39–47.

Fardilah, Ega, Muhiddinur Kamal, Wedra Aprison, and Salmi Wati. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran PAI Di SMAN 1 Lareh Sago Halaban.” ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan 1, no. 2 (2023): 131–150.

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Iswahyudi, Joko. “Implementasi Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Kraton Pasuruan.” El-FAKHRU 2, no. 1 (2022): 81–98.

Masdariah, M., B. Nurhayati, and R. Rachmawaty. “Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” In Seminar Nasional Biologi, 324, 2018.

Meliyanti, Dede Salim Nahdi, and Devi Afriyni Yonanda. “Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 1, no. 2 (2018): 196–204.

Mukaramah, Mely, Rika Kustina, and Rismawati Rismawati. “Menganalisis Kelebihan Dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal ilmiah mahasiswa Pendidikan 1, no. 1 (2020).

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). Teaching Arabic By Using Elective Method To Improve Students Reading Skill At The National High School Diniyah Putri In Pekanbaru. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.

Noviani, Nita, Maskun Maskun, and Muhammad Basri. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Ips Siswa.” PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) 3, no. 5 (2015).

Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.

Rahman, Mhd Habibu. “Implementasi Model Pembelajaran Discovery Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2021): 223–240.

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.

Sawiji, Hery, and Susantiningrum Susantiningrum. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran 3 Smk Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran 1, no. 1 (2016).

Sudiarti, Reska. “Analisis Langkah-Langkah Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli.” Universitas Negeri Padang, 2022.

Sunarto, Muhammad Fikri, and Nur Amalia. “Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik.” BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 21, no. 1 (2022): 94–100.

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.

Yadi, Heri Febri Yadi, and Herman Nirwana. “Discovery Learning Sebagai Teori Belajar Populer Lanjutan: Array.” Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan 1, no. 2 (2022): 234–245.

Published

2023-06-30