Metode Number Head Together (NHT) dan Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Authors

  • Nur Hanifa STAIN Bengkalis
  • Supardi Ritonga STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v3i2.618

Keywords:

learning methods, number head together, islamic religious education

Abstract

This research aims to explain the Number Head Together (NHT) learning method and its application in PAI learning. The method used in this research is library research, namely a research method based on collecting data and information from various literature and documentation sources available in libraries or in electronic form. The results of this research are that the Number Head Together (NHT) learning method is a very structured method of learning. This method helps gather information, confirms student understanding, and encourages analysis and review of learning material. Another advantage of NHT is its ability to control groups of students, keep them active, and facilitate ongoing discussions. In its application to Islamic Religious Education (PAI) learning, the Number Heads Together (NHT) method can be an effective approach for teaching religious values, ethics and understanding of religion to students so as to create an environment that supports cooperation, active participation and understanding. a deeper understanding of religious values. It also allows students to share their understanding and enrich their religious knowledge through group discussions and reflection.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang metode pembelajaran Number Head Together (NHT) dan penerapannya didalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka (Library Research), yaitu metode penelitian yang didasarkan pada pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber literatur dan dokumentasi yang tersedia di perpustakaan atau dalam bentuk elektronik. Hasil dari penelitian ini ialah Metode pembelajaran Number Head Together (NHT) merupakan metode yang sangat terstruktur dalam pembelajaran. Metode ini membantu meramu informasi, mengonfirmasi pemahaman siswa, serta mendorong analisis dan review terhadap materi pembelajaran. Keunggulan lain dari NHT adalah kemampuannya dalam mengendalikan kelompok siswa, membuat mereka tetap aktif, dan memfasilitasi diskusi yang berkelanjutan. Dalam penerapannya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), metode Number Heads Together (NHT) dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai agama, etika, dan pemahaman agama kepada siswa sehingga menciptakan lingkungan yang mendukung kerja sama, partisipasi aktif, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai agama. Ini juga memungkinkan siswa untuk berbagi pemahaman mereka dan memperkaya pengetahuan agama mereka melalui diskusi kelompok dan refleksi.

References

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

Astutik, Fidiana. Integrasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar Untuk Mewujudkan School Well-Being Di Era Merdeka Belajar. PT. Nasya Expanding Management, 2023.

Budiyanto, Agus Krisno. SINTAKS 45 Metode Pembelajran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2016.

Dahwadin, and Farhan Sifa Nugraha. MOTIVASI DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jawa Tengah: CV. Mangku Bumi Media, 2019.

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Hasanah, Muwahidah Nur, and Wibawati Bermi. METODE PEMBELAJARAN PAI. Sumatera Barat: CV. AZKA PUSTAKA, 2022.

Izzah, Ismatul. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT MADANI” 05, no. 01 (2018): 50–68.

Kaharuddin, Andi, and Nining Hajeniati. PEMBELAJARAN INOVATIF & VARIATIF. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida, 2020.

Kamaruddin, Ilham, Sri Hapsari, Sri Yunarti, Yenny Anggreini Sarumaha, Nana Citrawati Lestari, and Sulistyani Prabu Aji. PENGANTAR KONSEP ILMU PENDIDIKAN. Batam: CV. REY MEDIA GRAFIKA, n.d.

Kurniawan, Yusep. INOVASI PEMBELAJARAN Model Dan Metode Pembelajaran Bagi Guru. Surakarta: CV KEKATA GROUP, n.d.

Kusnadi. METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF. Jawa Barat: EDU PUBLISHER, n.d.

Mahmudi, Mahmudi. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN ISLAM TINJAUAN EPISTEMOLOGI, ISI, DAN MATERI.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (Mei 2019): 89–105.

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Naimah, Rezzi Yanti, and Supardi Ritonga. “Implementasi Metode Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” JLEB: Journal of Law, Education and Business 1, no. 2 (Oktober 2023): 686–94.

Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). Teaching Arabic By Using Elective Method To Improve Students Reading Skill At The National High School Diniyah Putri In Pekanbaru. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.

Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA.

Qomariyah, Lailatul, and Ali Bowo Tjahjono. “Implementasi Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran PAI,” 2019, 1348–55.

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.

Sinambela, Pardomuan Nauli Josip Mario, Arif Bulan, Asti Febrina, Nora Susilowati, Mohammad Fatchurrohman, Winda Novianti, Elvri Teresia Br. Sembiring, Chairunnisa, Desty Endrawati Subroto, and Dewi Mardhiana. Model-Model Pembelajaran. Banten: Sasa Kurnia Pustaka, 2022.

Suandewi, Komang, and I Made Citra Wibawa. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO. 3 KAPAL.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1, no. 1 (2017): 59–66.

Suardi, Mohd. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, n.d.

Sugita. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Sebagai Solusi Meningkatkan Hasil Belajar. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, n.d.

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Tias, Tri. Variasi Permainan Pembelajaran Metode Dan Ice Breaking. Jawa Barat: Guepedia, 2021.

Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.

Published

2023-12-31