Hakikat Kurikulum dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Hakikat Kurikullum dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Adi Supriyanto STAIN Bengkalis
  • Aida Fitriani STAIN Bengkalis
  • Azrina Sofiani STAIN Bengkalis
  • Nurfatin Izzati STAIN Bengkalis
  • Tria Nur Syafika STAIN Bengkalis
  • Mukhlas STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v4i1.663

Keywords:

curriculum, philosophy, islamic education

Abstract

Philosophy plays an important role in directing the goals of general education and ensuring the curriculum reflects Islamic values that are in line with universal truths. This journal discusses the Islamic. Education curriculum and curriculum from the perspective of Islamic education philosophy. This journal was created to show that through a philosophical approach it can be decided how to measure success in the educational process by referring to curriculum principles involving philosophical, psychological, social, and organization. This Islamic education curriculum also has unique characteristic, where the structure of Islamic education is based on principles and learning materials sourced from the Al-Qur’an and the hadith of the prophet.

Filsafat memegang peran penting dalam mengarahkan tujuan pendidikan umum dan memastikan kurikulum mencerminkan nilai-nilai Islam yang sejalan dengan kebenaran universal. Dalam jurnal ini membahas Kurikulum pendidikan Islam dan kurikulum dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Jurnal ini dibuat untuk menunjukkan bahwa melalui pendekatan filsafat dapat diputuskan bagaimana mengukur sebuah kesuksesan dalam proses pendidikan dengan merujuk pada asas-asas kurikulum yang melibatkan asas filosofis, psikologis, sosiologis, dan organisasi. Kurikulum pendidikan Islam ini juga memiliki ciri khas, dimana struktur pendidikan Islam didasarkan pada prinsip-prinsip dan materi pembelajaran yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits Nabi.

References

Alhaddad, Muhammad Roihan. “Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3, no. 1 (2018): 57–66.

Fatmawati, Erma. Profil Pesantren Mahasiswa; Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara, 2015.

Kurniawan, Fakhrul. Kajian Dan Evaluasi Kurikulum. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Group, 2023.

Kusumastuti, Erwin. Hakekat Pendidikan Islam: Konsep Etika Dan Akhlak Menurut Ibn Myskawaih. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020.

Muhammad Kristiawan, D. S. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.

Noorzanah, Noorzanah. “Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam.” ITTIHAD 15, no. 28 (2017): 68–74.

Satrisno, Hengki. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.

Silaban, Patri Janson, Nur Hidayah, Elly Sukmanasa, Listiyani Siti Romlah, Ervian Arif Muhafid, Deisye Supit, and Raden Sri Ayu Ramadhana. Evaluasi Kurikulum. Sumatera Barat: Global Eksekutif Teknologi, 2023.

Surawan, Surawan, and Muhammad Athallah. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media, 2021.

Walewangko, Stief Aristo, Hadi Ignatius Untu, Christoforus Adri Pieter Koleangan, and Deitje A. Katuuk. Kurikulum Pendidikan: Konsep Dasar, Landasan, Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi Dan Dinamika Perkembangannya Di Indonesia. Yogyakarta: Nas Media Pustaka, 2022.

Widodo, Hendro. Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: UAD PRESS, 2023.

Yuliani, Tri, M. Pd Dr Linda Suanti, MA Dr Japeri, MM Dr Wilrahmi Izzati, MS Dr Adi Putra, M. Ag Firzan Fadillah, M. Pd Dr Iswandi, MA Dr Etri Wahyuni, M. Pd Dr Hamdani Abdi, and M. Pd Dr Taufik Hidayat. Filsafat Pendidikan Islam Telaah Konsep Dan Aplikasi. Sumatera Barat: CV. AZKA PUSTAKA, 2022.

Yusuf, Ramli. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Sumatra Barat: CV. Mitra Cendekia Media, 2022.

Published

2024-06-30