Bentuk dan Tujuan Tasybih dalam Surah An-Naba, An-Nazi’at dan Al-Muthaffifin

Authors

  • Irmasani Daulay STAIN Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v4i1.820

Keywords:

tasybih, balaghah, an-Naba, an-Nazi’at, al-muthaffifin

Abstract

The purpose of this research is to study the tasybih in surah An-Naba, an-Nazi'at, and al-Muthaffifin reviewed from its structure and application. This research uses two methods taken from the literature review: the library method and the speech analysis method. Tasybih is usually used in adequately conveying something crucial or very important. The research found that in various surahs of the Qur'an, such as surah al-Naba', surah al-Nazi'at, and surah al-Muthaffifin, there are seven verses that use tasybih as their style of language. Currently, tasybih can be interpreted in three ways: tasybih baligh, mursal, and mujmal. In the surah An-Naba', an-Nazi'at, and al-Muthaffifin, tasybih is used to describe the state of musyabbah, its magnitude, and the possibility of musyabbah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tasybih dalam surat An-Naba, an-Nazi'at, dan al-Muthaffifin ditinjau dari struktur dan penerapannya. Penelitian ini menggunakan dua metode yang diambil dari tinjauan literatur: metode pustaka dan metode analisis balaghah. Tasybih biasanya digunakan dalam menyampaikan secara memadai suatu hal yang krusial atau sangat penting. Penelitian menemukan bahwa dalam berbagai surat Al-Qur’an, seperti surat an-Naba’, surat an-Nazi’at, dan surat al-Muthaffifin, terdapat tujuh ayat yang menggunakan tasybih sebagai gaya bahasanya. Saat ini tasybih dapat diartikan dalam tiga cara: tasybih baligh, mursal, dan mujmal. Dalam surat an-Naba', an-Nazi'at, dan al-Muthaffifin, tasybih digunakan untuk menggambarkan keadaan musyabbah, besar kecilnya, dan kemungkinan terjadinya musyabbah.

References

Abd al-R, Al-Suyuthi, J., & Al-Mahally, J. (n. d. ). (n.d.). Tafsir al-Jalalain. Daar Al-Hadits.

Ahmad Marlion, F., Agama Islam Negeri Batusangkar Kamaluddin, I., Rezeki, P., & Tsanawiyah Muhammadiyah Padang Luar Batusangkar, M. (2021). Tasybih At-Tamtsil Dalam Al-Qur΄An: Analisis Balaghah Pada Surah Al-Kahfi. 3(1).

Al-Baghawy. (1997). Ma’alim al-Tanzil. Daar Al-Thayyibah Li al-Nasyr.

Al-Maraghy. (2002). ’Ulum al-Balaghah. Dar Al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Al-Razy, F. (1990). Mafatih al-Ghaib. Dar Al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

DeHart, J. D. (2020). It Is What It Is": Literacy Studies and Phenomenology. The Qualitative Report, 25(3), 596–603.

Farida, N. (2017). Metodologi tafsir juz amma Unisba: Telaah atas sumber, metode, dan corak tafsir. . UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Hararah, M. M. (n. d. ). (n.d.). Fii Balaghah al-’Arabiyyah. Daar Al-’Ulum al-’Arabiyyah.

Mahsun. (2004). Metodologi Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. PT. Grafindo Persada.

Makrifah, N. (2020). Macam Urgensi Amtsal Dalam Al-Quran. At-Turost : Journal of Islamic Studies, 7(2), 216–232. https://doi.org/10.52491/at.v7i2.21

Marlion, F. A., Kamaluddin, K., & Rezeki, P. (2021). Tasybih At-Tamtsil Dalam Al-Qur΄An: Analisis Balaghah Pada Surah Al-Kahfi. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 3(1), 33. https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v3i1.3210

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

M.Q. Shihab. (n.d.). Tafsir al-Mishbah. Lentera Hati.

Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). Teaching Arabic By Using Elective Method To Improve Students Reading Skill At The National High School Diniyah Putri In Pekanbaru. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.

Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. Metode Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis : Dotplus Publishing

Qasim, M. A., & Dayb, M. (2003). “Ulum al-Balaghah (al-Badi” wa al-Bayan wa al-Ma’ani). AlMuassasah Al-Haditsah Li al-Kitab.

Rahman, M. T. (2016). Rasionalitas Sebagai Basis Tafsir Tekstual (Kajian atas Pemikiran Muhammad Asad). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 63–70.

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.

Romdoni, M. P. (n.d.). Bentuk dan Tujuan Tasybih dalam Al-Quran: Studi Aplikatif Analisis Balaghah dengan Objek Kajian Juz ’Amma. https://doi.org/10.1557/djash.v1i1.16715

Susanti, T., & Ulfa, M. (2023). Tatwiru Al-Qomusy Al-'Arobiy-Al-Indunisy Lil Ustazi Ad-Duktur Mahmud Yunus' ala Asasil Madholi Ilmu Shorfi (Morphology) Al-Lawniy Litthullabi Qismu Ta'lim Al-Lughah'Al-Arobiyyah Fiil Jami'ah Islamiyyah Bangkalish. Cordova Journal language and culture studies, 13(2), 13-24.

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Ulfa, M., & Susanti, T. (2023). Tathwir al-Qamus al-'Arabi-al-Indunisi Mahmud Yunus' ala Asas al-Madkhal'Ilm al-Sharf al-Launi. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1111-1118.

Subakir, K. H. A. (2018). Dilengkapi dengan contoh-contoh Ayat, Hadits Nabi dan Sair Arab IAIN KEDIRI PRESS 2018.

Yasin, H. (2020). Sisi Balaghah Dalam Tafsir Al-Baidhawy. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 41–61. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.894

Zulaiha, E., & Radiana, A. (2019). Kontribusi Pendekatan Semantik Pada Perkembangan Penelitian Alquran (Studi Pada Skripsi Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Uin Sunan Gunung Djati Bandung). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 4(1). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v4i1.4726

Published

2024-06-30