Studi Literatur: Penggunaan Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Putri Sari Ayu STAIN Bengkalis
  • Supardi Ritonga STAIN Bengkalis
  • Idris Harun UIN SUSKA Riau

DOI:

https://doi.org/10.56633/kaisa.v4i1.823

Keywords:

learning strategies, contextual, islamic religious education

Abstract

The aim of this research is to provide an overview of contextual learning strategies and how they are used in Islamic religious education. This research is included in literature study research or library research, namely collecting data and information from existing library sources without requiring field work or direct interviews. The data analysis used is descriptive analysis. Research findings show that contextual learning strategies encourage students to be able to connect and apply the material they learn in everyday life by emphasizing their ability to participate fully in discovering the material. If it is related to Islamic Religious Education lessons, one example of its application is congregational prayer material. Teachers can teach children using this strategy because it allows students to better understand the material because the material is related to everyday life. These strategies often involve case studies, simulations, problem-based projects, or the use of real-world situations in learning. This will make it easier for students to understand the subject matter being taught

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang strategi pembelajaran kontekstual dan bagaimana penggunaannya dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian studi literatur atau studi kepustakaan atau library research, yaitu pengumpulan data dan informasi dari sumber kepustakaan yang ada tanpa memerlukan kerja lapangan atau wawancara langsung. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual mendorong siswa untuk mampu menghubungkan dan menerapkan materi yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari dengan menekankan pada kemampuannya untuk berpartisipasi penuh dalam menemukan materi tersebut. Jika dikaitkan dengan pelajaran Pendidikan Agama Islam, salah satu contoh penerapannya adalah materi sholat berjamaah. Guru dapat mengajar anak dengan menggunakan strategi ini karena memungkinkan siswa lebih memahami materi karena materi tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Strategi ini sering kali melibatkan studi kasus, simulasi, proyek berbasis masalah atau penggunaan situasi dunia nyata dalam pembelajaran. Hal ini akan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan

References

Afriza. Manajemen Kelas. Pekan Baru: Kreasi Edukasi, 2014.

Ahmad. Manajemen Strategis. Makassar: CV. Nas Media Pustaka, 2020.

Adilla, S., & Deviana, W. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di Smp Negeri 9 Bengkalis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(4), 839-850.

Arpa, D., & Nuriyati, T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berprespektif Gender dalam Islam Untuk Guru PAUD. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 328-335.

Fariq, W. M., Zamsiswaya, Z., & Tambak, S. (2022). Telaah Kepustakaan (Narrative, Tinjauan Sistematis, Meta-Analysis, Meta-Synthesis) dan Teori (Kualitatif, Kualitatif, Mix Method). Journal Social Society, 2(2), 75-84.

Fariq, W. M., Hitami, M., Murhayati, S., & Susanti, T. Aligning Teacher Ethics with 21st Century Character Education; Insights From Al-Qabisi's Perspective.

Firmansyah, Mokh Iman. “Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi.” Jurnal Ta’lim 17, no. 2 (2019): 79–90.

Hamruni. “Konsep Dasar Dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual.” Jurnal Pendidikan Agama Islam XII, no. 2 (2015): 177–188.

Haslinda. “Konstribusi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contexstual Teaching And Learning) Dalam Pengajaran Bahasa (Suatu Tinjauan Evaluasi)” (2018).

Hulaimi, Ahmad. “Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) (Pembelajaran Melalui Tindakan).” Jurnal Tarbawi 4, no. 1 (2019): 76–92.

Jannah, Fathul. “Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM 1, no. 2 (2015): 19–24.

Kelana, Jajang Bayu, and Duhita Savira Wardani. Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia, 2021.

Maisaroh, Siti, Muthiah, and Nurriyani Siagin. “Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 1, no. 3 (2020): 283–292.

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, 1, 2775-2577.

Nasution, I. K., Susanti, T., & Fikri, M. (2022). Teaching Arabic By Using Elective Method To Improve Students Reading Skill At The National High School Diniyah Putri In Pekanbaru. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 10(2), 223-236.

Nuramini, A., Suri, D. R., Sofiani, I. K., Th, S., Mudatsir, M. P. I., Susanti, T., ... & Asyura, I. Metode Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis : Dotplus Publishing

Nuryana, Ari, Asep Hernawan, and Adang Hambali. “Perbedaan Pendekatan Kontekstual Dengan Pendekatan Tradisional Dan Penerapannya Di Kelas (Analisis Pendekatan Pembelajaran Pai).” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2021).

Panjaitan, Dedy Juiandri. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika.” Jurnal UMNAW 1, no. 1 (2016): 1–10.

Ramli, A., Afnanda, M., Roinah, R., Damanik, S., & Isma, A. (2023). Developing Student Academic Ability Using Scaffolding Method In Cognitive Apprenticeship Model. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 159-165.

Ritonga, Supardi and Robi’ah. “Kurikulum PAI dan Pengembangan Higher Order Thinking (HOT) Skill dan Implementasinya dalam Pembelajaran.” Prosiding: The Annual Conference on Islamic Religious Education 2, no. 1 (2022): 1041–1053.

Ritonga, S., Zuhri, Z., Muis, M. A., Rahmatillah, N., Istiqomah, E. N., & Zakiah, N. (2022). Analysis Strategy Blended Learning of Prospective Islamic Teacher After Covid 19 Pandemic. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Robi'ah, R. Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tari Zapin di Kampong Zapin Desa Meskom Kecamatan Bengkalis. Akademika, 17(2), 175-185.

Sahlan, Asmaun. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Al Hikmah VIII, no. 2 (2011): 217–227.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KENCANA, 2018.

Sugiana, Aset. “Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pedagogik 5, no. 2 (2018): 257–273.

Supranoto, Heri. “Pengaruh Contextual Teaching And Learning (Ctl) Teknik Praktek Jual Beli Terhadap Kemampuan Mahasiswa Memahami Akuntansi Program Studi Pendidikan Ekonomi Um Metro” 4, no. 2 (2016): 36–42.

Suyanto, Edi, Johan Andriesgo, and Syafaatul Habib. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.

Susanti, T., Nasution, I. K., Kurniati, M. U., Sofiani, I. K., & Nuriyati, T. Implementation of Differentiation Learning with Scaffolding Strategy to Success Summative Assessments at MTsN 01 Bengkalis.

Susanti, T., Efendi, A., Masrun, Roinah, Chanifuddin, Ulfa, M., Suyanto, E., Asadullah, S. A., & Rahmadani, S. Innovation of Praktis (Praktek Istima') Application in Improving Istima' Skills for Arabic Students in Stain Bengkalis. International Journal of Innovative Research in Multidisciplinary Education. 3(6), 1064 -1071.

Published

2024-06-30