Analisis Peran Ayah Sebagai Pendidik Dalam Pembentukan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun
الكلمات المفتاحية:
The role of fathers as educators ، independence of children aged 5-6 yearsالملخص
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yakni: sebagian besar anak kurangnya rasa tanggung jawab anak karena belum bisa membereskan mainannya, anak tidak percaya diri ketika bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tanpa dampingan orang tua, anak belum dapat menyatakan pilihannya sendiri seperti belum bisa menentukan setelah makan mau bermain atau tidur karena ditentukan langsung oleh orang tuanya. Terlihat pula kurangnya peran ayah dalam mendidik anak seperti tidak menegur anak ketika anak berbuat salah, ayah jarang berkomunikasi dengan anak. Dari beberapa gejala yang menjadi tujuan penelitian yakni: Untuk Memberikan Informasi tentang Peran ayah sebagai pendidik di Desa Sepahat Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis,Untuk Memberikan Informasi tentang kemandirian anak usia 5-6 tahun di Desa Sepahat Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis,Untuk Mengetahui Bagaimana Peran ayah dalam pembentukan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Desa Sepahat Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan Dokumentasi. Jumlah populasi penelitian adalah 100 Orang Ayah, kemudian ditetapkan sampel sebanyak 80 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil untuk peran ayah sebagai pendidik sebesar 84,13 % dan kemandiriaan anak sebesar 83,89 % berada di interval 80-100 % dengan kategori sangat baik.
المراجع
Asmanita, Mili. “Peran orangtua dalam membentuk kemandirian anak usia dini di desa tanjung berugo kecamatan lembah masurai kabupaten merangin”. Skripsi (2019)
Atika Sari, Wulan. dalam Skripsi. Dora Ayu Sintya, Pola Pengasuhan Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Di Kelurahan Pasar Ujung Ka bupaten Kepahiang. Bengkulu : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu., (2021)
Bahri Djamarah,Syaiful.. Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga, Jakarta : Rineka Cipta (2014)
Chairilsyah, Daviq. ”Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. ” Jurnal : Pendidikan Anak Usia Dini 3. No 1 (2019)
Departemen Agama RI. Mushaf Al-Qur’an dan Terjemahannya Jakarta : Suara Agung, (2018)
Fauzi, Ahmad dkk. Metodologi Penelitian. Jawa Tengah : Pena Persada, (2022)
Fauziah, Rin Rin dkk. “Perbedaan kemandirian anak ditinjau dari subyek pengasuhan orangtua dan kakek-nenek pada anak usia 5-6 tahun”.Jurnal : Penelitian dan Pengembangan PAUD 5, no. 1 (2018)
Harun, Irhayati. Sukses Mendidik Anak Dengan Qalbu. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer (2013)
Hasniyati. ”Eksistensi tokoh ayah dalam novel ayah k arya Andrea Hitara dan novel ayahku (bukan) pembohong karya Tere Liye”. Jurnal : Bahasa dan Sastra 6, no. 3 (2018)
Hendri Hatmoko, Jefri. “Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013”. Jurnal of Physical Education, Sport, Health and Recreations 4, no. 4 (2015)
Hidayat Lubis, Ikhbal. Tesis : Hubungan Peran Ayah Dengan Kemandirian Pada Siswa Putra Dan Putri Di Sma Negeri 6 Binjai. Medan : Universitas Medan Area, (2018)
Lubis, Suaidah. “Pandemi Dan Era Digital : Peran Ayah Terhadap Kebutuhan Pendidikan Dan Psikologis Anak”. Jurnal : Studi Islam 3, no. 1 (2022)
Mufaro’ah dkk. Buku Pedoman Penelitian Skripsi. Bengkalis : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis (2022)
Muh.Mu’ads Hasri. ”Peran ayah dalam proses perkembangan anak kajian tafsir tematik)”Jurnal : studi islam 10, no 1 (2020)
Mulyana, Indra. Keistimewaan Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. Jawa Barat : Jejak, (2020)
Norma Gita, Tita,Nurbiana Dhieni, “Sri Wulan. Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Ibunya Yang Bekerja Paruh Waktu”, Jurnal :Pendidikan Anak Usia Dini 6, No. 4 (2022)
NurHasanah. “Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Jenis Pekerjaan Ayah Wonosobo”,jurnal : Early Childhood Education. 4 no. 2 (2018)
Nurul Aliyah, Rizda dan Muhammad Japar. ”Peran Ayah Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Usia Dini”.Jurnal : Pendidikan dan Psikologi. No. 1 (2023)
Sinaga, Dameria. Statistik Dasar. Jakarta Timur :Uki Press, (2014)
Sudjiono Anas. .Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo, (2008)
Sugiyono. Metode Penelitin Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : ALFABETA, (2018)
Sumarni, Sri. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Insan Madani, (2012)
Syafrina, Rifqi. ”Nadia Andini,Peran Pengasuhan Ayah Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini”. Jurnal : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 6. No. 2 (2021)
Umar dan Mohd Mitftachul. Metode Kualitatif di Bidang Pendidikan. Bandung : ALFABETA, (2017)
Yandri Malelak,voni. ”Makna Peran Ayah Pada Ayah Remaja”. Jurnal :DEO MURI 1, No 1 (2021)
Yemmardotillah, dkk. ”Peranan ayah dalam mendidik anak menurut Al-Qur’an. Jurnal Continuous Education 2, no. 1 (2021)
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2024 izatul mansi
هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Ananda : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).