Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX MTsN Bengkalis Melalui Metode Kotak Kartu Rahasia

Diswati Diswati(1*),

(1) MTs Negeri 1 Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract

This study aims to improve the Indonesian learning outcomes in the aspects of reading skills in the response text material. This study is a Classroom Action Research with two cycles consisting of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. The subjects were 65 students of class IX MTsN 1 Bengkalis. Data were collected through observation and test techniques and then analyzed using descriptive analysis techniques. After the improvement in cycle II, student learning outcomes both individually and classically increased by 9% from 77% in cycle I to 86% in cycle II. The Secret Card Box method is effective in improving Indonesian language learning outcomes in the aspect of reading skills on the response text material.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek keterampilan membaca pada materi teks tanggapan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 65 siswa kelas IX MTsN 1 Bengkalis. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes kemudian dianalisa menggunakan teknik analisis deskriptif. Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II, ketuntasan siswa baik secara individu maupun klasikal mengalami peningkatan sebesar 9% dari 77% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Metode Kotak Kartu Rahasia efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia aspek keterampilan membaca pada materi teks tanggapan.


Keywords

kotak kartu rahasia, keterampilan membaca, teks tanggapan, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Anggraeni, Rizka, Sulton Sulton, and Sulthoni Sulthoni. “Pengaruh Multimedia Tutorial terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2, no. 2 (June 22, 2019): 96–101.

Departemen Pendidikan Nasional. Standar Kompetensi Bahasa Indonesia, 2003.

Hamonangan, Ronald Haries, and Sigit Widiyarto. “Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Control terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 7, no. 1 (March 29, 2019): 5–10.

Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, n.d.

Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. IX. Jakarta: Balai Pustaka, 1986.

Rambe, Riris Nur Kholidah. “Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” JURNAL TARBIYAH 25, no. 1 (March 31, 2018): 93–124.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

Shoba, Dewey Sugani. Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Bermain. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, n.d.

Sobandi, Rizki. “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Pangandaran” 1, no. 2 (2017): 306–310.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana, 2016.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF file viewed/downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 

Creative Commons License

All publications by Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Editorial Office:
Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Bengkalis
Jln. Lembaga Senggoro Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis,
Riau - Indonesia
Telp./Fax.: 0766-8001050
Email: jurnalkaisa@gmail.com

 

e-ISSN: 2775-2577     |    

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View Kaisa Stats