Teknik Wait Time dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.F MTsN 1 Bengkalis

Sri Murni(1*),

(1) MTs Negeri 1 Bengkalis
(*) Corresponding Author

Abstract

The learning outcomes of MTsN 1 Bengkalis students are still low. The learning process is more student-centered so they rarely design and plan the learning process personally. This is the Classroom Action Research with 4 actions, namely: planning, implementing, observing and reflecting which is carried out in 2 cycles. This study aims to improve student learning outcomes class VIII.F MTsN 1 Bengkalis in English English lessons. Research data were collected using observation, test, and documentation techniques. The conclusion of this study is the wait time learning technique in English lessons at MTsN 1 Bengkalis has been implemented 70%. Student learning outcomes after carrying out this study are in the high category with an average of 73.33. The level of significance of the comparison of student learning outcomes before and after using the wait time technique in learning English is 4.16. The wait time technique has an effect on improving student learning outcomes based on the t-test at a significant level of 5% and 1%.

Hasil belajar bahasa Inggris siswa MTsN 1 Bengkalis masih tergolong rendah. Proses pembelajaran lebih berpusat pada siswa sehingga mereka jarang merancang dan merencanakan proses pembelajaran secara pribadi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas VIII.F MTsN 1 Bengkalis pada pelajaran bahasa Inggris Inggris. Data-data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah teknik pembelajaran wait time pada pelajaran bahasa Inggris di MTsN 1 Bengkalis sudah terlaksana 70%. Hasil belajar siswa setelah dilaksanakan penelitian ini berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 73.33. Tingkat signifikansi perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan teknik wait time pada pembelajaran bahasa Inggris adalah 4.16. Teknik wait time berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan uji t-tes pada taraf signifikan 5% dan 1%.


Keywords

wait time, hasil belajar, bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2019.

Azizah, Siti. “Implementasi Penilaian Hasil Belajar Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 di SMPN 1 Pamekasan.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam 15, no. 1 (October 10, 2018): 125–148.

Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.

Fuad, Muhammad Mazirul. “Pengaruh Teknik Pembelajaran Wait Time (Waktu Tunggu) terhadap Kecakapan (Ability) Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih di MA Ismailiyyah Nalumsari Jepara.” Skripsi, STAIN Kudus, 2017. Accessed January 12, 2021. http://repository.iainkudus.ac.id/1183/.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Isu-Isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, 2015.

Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006.

Mikarsa, Hera Lestari, Agus Taufik, Prianto, and Puji Lestari. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Muthoharoh, Nurul Badriyatul. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif ‘Think Pair Share (TPS)’ terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 2, no. 1 (2017): 33–42.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. IX. Jakarta: Balai Pustaka, 1986.

Rosnaningsih, Asih, Dwi Nur Faridah, and Nuri Fitriyani. “Penggunaan Strategi Concept Cartoon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris SDN Bencongan 1 Kabupaten Tangerang.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran 1, no. 1 (2020): 1–7.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana, 2016.

Yusri, Yusri, Ana Rosida, Jufri Jufri, and Mantasiah R. “Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 2, no. 2 (August 1, 2018): 77–82.


Article Metrics

This article has been viewed : 0 times
PDF file downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 

Creative Commons License

All publications by Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Editorial Office:
Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Bengkalis
Jln. Lembaga Senggoro Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis,
Riau - Indonesia
Telp./Fax.: 0766-8001050
Email: jurnalkaisa@gmail.com

 

e-ISSN: 2775-2577     |    

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View Kaisa Stats